Pemda dan DPRD Gumas Didorong Komitmen Tingkatkan Pelayanan Sosial Dasar

id pemkab gumas, dprd gumas, GSC, generasi sehat cerdas

Pemda dan DPRD Gumas Didorong Komitmen Tingkatkan Pelayanan Sosial Dasar

Asisten III Setda Gumas, Yohanes Tuah saat membacakan sambutan Bupati, Rabu (11/10/17) di Aula BP3D Gumas. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan kegiatan workshop koordinasi pelayanan sosial dasar tahun 2017, Rabu (11/10/17) di Aula BP3D Kabupaten Gumas.

Kegiatan tersebut mengambil tema "Memperkuat Komitmen Pemerintah Daerah dan DPRD Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Sosial Dasar untuk Percepatan Pembangunan di Kabupaten Gumas".

Ketua Panitia, Yulius Agau dalam laporannya menyampaikan kegiatan itu bertujuan sebagai sosialisasi dan disiminasi kebijakan Generasi Sehat Cerdas (GSC) kepada seluruh stakeholder terkait di Kabupaten Gumas.

Kemudian, untuk memperkuat komitmen Pemda dan DPRD dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam GSC.

Lalu, memperkuat koordinasi lintas sektoral dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam GSC. "Untuk penyusunan rencana aksi daerah di bidang pelayanan sosial dasar di desa," ungkapnya.

Ia menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti workshop itu sebanyak 40 orang dengan rincian 14 orang dari kabupaten, dan 26 orang dari kecamatan.

"Sasarannya, meningkatkan kinerja program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Gumas melalui perumusan kebijakan yang komprehensif, terkait pengelolaan GSC bersama seluruh stake holder terkait," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Gumas Arton S Dohong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setda Gumas Yohanes Tuah mengatakan, rendahnya tingkat kesehatan dan pendidikan pada rumah tangga miskin merupakan tantangan utama yang harus dihadapi program GSC, termasuk bagaimana memberikan paradigma yang benar kepada masyarakat desa tentang arti penting kesehatan dan pendidikan bagi kelangsungsungan hidup mereka di masa kini, dan masa-masa yang akan datang.

Namun demikian, untuk mewujudkan semua itu diperlukan sinergi dari semua pihak, baik itu dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat. 

"Termasuk yang tidak kalah pentingnya, adalah sinergisitas lintas sektoral dari dinas terkait," tandasnya.