Kadin Kotim Bertekad Pelopori Kemudahan Berusaha di Kalteng

id Kadin Kotawaringin Timur, Susilo, wirausaha

Kadin Kotim Bertekad Pelopori Kemudahan Berusaha di Kalteng

Ketua Kadin Kotim, Susilo (baju putih) bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Kotawaringin Timur bertekad menjadi pelopor membantu kemudahan warga menjalankan usaha di Kalimantan Tengah.

"Kadin Kotawaringin Timur ingin memberikan dan mengembangkan seluruh sektor usaha, baik skala besar, menengah maupun kecil. Usaha kecil mikro dan menengah juga harus dikembangkan. Makanya Kadin bertekad membantu mereka supaya mudah menjalankan dan mengembangkan usaha," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo di Sampit, Rabu.

Kalimantan Tengah memiliki sumber daya alam yang sangat banyak. Potensi ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bukan hanya perusahaan besar, pelaku usaha kecil juga harus didukung dalam mengembangkan usaha. Kendala-kendala seperti dalam hal pengurusan izin, permodalan dan pemasaran, harus mendapat perhatian semua pihak untuk dapat mencarikan solusinya.

Tidak terkecuali di Kabupaten Kotawaringin Timur. Besarnya potensi sumber daya alam dan sektor jasa, harus turut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat agar kesejahteraan mereka lebih meningkat.

Sejak terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur pada 15 Mei 2017, Susilo menyatakan komitmennya untuk membantu semua pelaku usaha tanpa membeda-bedakan. Dia bahkan membuka diri dan mengajak seluruh pelaku usaha bergabung di Kadin agar bisa dengan mudah bersama-sama memperjuangkan kemajuan usaha.

"Tetapi kami menyadari, tanpa dukungan dari pemerintah, Kadin bukanlah apa apa. Sinergitas antara pemerintah dan Kadin melalui peran masing-masing akan sangat dibutuhkan untuk membantu kemajuan seluruh sektor usaha di daerah ini," kata Susilo.

Susilo turut hadir dalam rapat koordinasi nasional di Jakarta pada

Selasa (3/10) lalu. Rapat koordinasi itu turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan sembilan menterinya.

Presiden berpesan, Kadin harus menjadi pelopor dalam sentra dunia usaha di seluruh wilayah di Indonesia. Seluruh pelaku usaha harus tergabung di bawah Kadin.

Menurut Susilo, pesan yang disampaikan presiden sejalan dengan upaya yang mulai dijalankan Kadin di bawah kepengurusannya. Pihaknya ingin semua sektor usaha di Kotawaringin Timur bisa dikembangkan, seperti industri rumahan dan lainnya.

Masih banyak sektor usaha di Kotawaringin Timur yang bisa dikembangkan, termasuk sektor pertanian seperti rotan, karet, kopi dan lainnya. Perlu dukungan serius dan nyata agar semua sektor usaha di masyarakat bisa bangkit sehingga masyarakat makin sejahtera.

"Apa kita harus menjadi penonton? Sebagai warga dan masyarakat, saatnya kita menjadi palaku dan produsennya, bukan selalu menjadi konsumen," tambah Susilo.

Susilo mengaku sudah bertemu dengan beberapa pimpinan cabang perbankan membahas banyak hal. Mereka menyatakan siap mendukung pengusaha di Kotawaringin Timur, khususnya binaan Kadin.

Membawa nama organisasi Kadin Korawaringin Timur, Susilo terus berupaya menunjukkan eksistensi di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung perkembangan dan kemajuan perekonomian serta pelaku usaha di Kotawaringin Timur.