Selasa, 17 Oktober 2017

Legislator Minta Pemkab Barsel Agar Lebih Tanggap Bencana

id DPRD Barsel, Sudiarto, Tanggap Bencana
Legislator Minta Pemkab Barsel Agar Lebih Tanggap Bencana
Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Sudiarto. (Foto Facebook Sudiarto)
Buntok (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Sudiarto meminta pemkab setempat agar lebih tanggap terhadap bencana yang terjadi di wilayah ini.

Pemkab Barsel agar lebih tanggap terhadap bencana, baik bencana banjir, kebakaran hutan, dan lahan maupun peristiwa alam lainnya yang bila terjadi di daerah, katanya di Buntok, Rabu.

Dikatakan, dalam melaksanakan penanggulangan terhadap bencana tersebut lanjut dia, diharapkan ada langkah dini yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, jangan bila ada bencana baru ada aksi.

"Seperti saat ini intensitas hujan meningkat, dan harus ada upaya, dan kiat-kiat penanganan yang dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga masyarakat yang terkena banjir bisa tangani,"ucap dia.

Dengan demikian kata Sudiarto, apabila bencana datang secara tiba-tiba, langkah penanganan dilapangan tidak kalang kabut, dan tidak saling lempar tanggungjawab seperti yang sering terjadi.

"Kita ketahui bersama bahwa di Barsel ini ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan mereka diharapkan harus lebih siap dalam penanganan apabila terjadi bencana,"ujarnya.

Politisi dari partai Amanat Nasional (PAN) Barsel itu juga menyebutkan, tidak jarang bencana yang muncul tersebut akibat dari ulah manusia itu sendiri, sehingga dalam penanganannya harus dilakukan secara terpadu, dan terkoordinir.

"Yang pasti penanggulangan, dan penanganan bencana merupakan tanggungjawab kita bersama meskipun pemerintah sudah ada badan atau lembaga terkait penanganan bencana," kata Sudiarto.

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga