Pemkab Barut-Lamandau Kaji Paten Bersama

id pemkab barut, Pemkab Lamandau, Program Paten

Pemkab Barito Utara sambut kedatangan Pemkab Lamandau yang melakukan kunjungan kerja ke Muara Teweh dalam rangka kaji banding pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) tahun 2017 di aula Kecamatan Teweh Tengah di Muara Teweh, Rabu. (Istimewa

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan Pemkab Lamandau, Kalimantan Tengah melakukan pengkajian pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) bersama dalam tahun 2017 .

"Program Paten diselenggarakan dengan maksud mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat. Secara kondisi geografis daerah akan lebih efektif dan efisien melalui Kecamatan," kata Asisten Bidang Pemerintahan Setda Barut, Hendro Nakalelo di Muara Teweh, Kamis.

Pengkajian dengan membandingkan penyelenggarakan Paten di Barito Utara tersebut, Pemkab Lamandau melakukan kunjungan kerja di Muara Teweh.

Menurut Hendro, langkah yang telah ditempuh untuk mewujudkan Paten di Kabupaten Barito Utara yaitu antara lain tahap pemenuhan syarat substantif, teknis, administratif, penetapan kecamatan sebagai penyelenggara Paten dan peresmian serta sosialisasi Kecamatan sebagai penyelenggara Paten.

"Meski tahapan-tahapan itu telah dilaksanakan namun masih sangat banyak kekurangannya. Untuk itu diharapkan, melalui kaji banding ini dapat memberikan masukan dan tukar informasi mengenai program itu agar Paten di Barito Utara khususnya Kecamatan Teweh Tengah dapat berjalan lebih baik lagi kedepannya," katanya.

Sementara Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Lamandau, Saptono mengucapkan terimaksih juga kepada Pemkab Barito Utara, dan Kecamatan Teweh Tengah yang telah bersedia menerima kedatangan pihaknya.

Kaji banding ini dilaksanakan pihaknya dari tanggal 10-12 Oktober 2017, ke 3 Kabupaten induk dan pemekaran yakni Barito Selatan, Barito Utara, dan Kabupaten Murung Raya.

"Sengaja dalam kaji banding ini kami memilih dua Kabupaten Induk dan satu Kabupaten pemekaran, agar bisa melihat gambaran pelaksanaan Paten pada Kabupaten induk dan pemekaran," kata Saptono.

Dia juga mengatakan kegiatan kaji banding ini juga bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para camat dan petugas Paten Lamandau, agar mengetahui kekurangan atau kelemahan dalam pelaksanaan Paten yang telah dilaksanakan.

"Sehingga kedepan dapat lebih baik dan prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar