Sip! Pembayaran Retribusi Pasar di Barut Bisa Online

id disperindagkop barut, hajrannor, retribusi online

Sip! Pembayaran Retribusi Pasar di Barut Bisa Online

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara, Hajrannor. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah meluncurkan pembayaran retribusi pasar melalui bank secara online atau SMS banking untuk memudahkan pelayanan terhadap para pedagang pasar.

"Jadi para pedagang tidak usah datang ke bank lagi untuk membayar retribusi pasar, cukup melalui SMS banking," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara Hajrannor, di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Hajrannor, peluncuran pembayaran retribusi pasar ini akan dilakukan oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah pada lokasi pameran, pasar rakyat dan bazar dalam rangka memeriahkan Festival Seni dan Qasidah VI Kalteng yang diikuti 14 kabupaten/kota se-Kalteng pada Sabtu (14/10) siang.

Dalam kegiatan peluncuran pembayaran retribusi pedagang pasar itu, pihaknya bekerja sama dengan Bank BRI Cabang Muara Teweh.

"Kerja sama pembayaran lewat bank ini sehubungan adanya usulan dan masukan serta banyak keluhan para pedagang pasar yang menyatakan terlalu sibuk, sehingga tidak dapat datang melakukan pembayaran retribusi ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian setempat," katanya.

Pihaknya sedang mempersiapkan untuk mendukung program pemerintah pusat mulai tahun 2018 mendatang semua transaksi pembayaran dilakukan nontunai atau online.

"Dengan adanya kerja sama ini, harapannya para pedagang tidak lagi melakukan penyetoran uang retribusi pasar lewat oknum petugas Dinas Perdagangan dan Perindustrian, tetapi cukup dengan mendatangi kantor BRI terdekat atau melakukan transaksi melalui transfer ke rekening bank BRI, baik transfer secara elektronik ataupun melalui SMS banking," katanya lagi.

Menurut dia, ke depannya tidak ada lagi keluhan atas alasan kesibukan, karena tidak dapat meninggalkan toko serta tidak perlu lagi pedagang sampai menutup tokonya hanya karena hendak membayar retribusi. Para pedagang yang mengalami tunggakan pembayaran juga akan mendapat SMS peringatan dari pihak bank nantinya.

"Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan memberi kemudahan serta peningkatan pendapatan asli daerah khususnya dari sektor retribusi," kata Hajrannor.

Selain peluncuran pembayaran retribusi pasar, Pemkab Barito Utara juga meluncurkan pembayaran Pajak Bumi dan Bangun Pedesaan Perkotaan (PBB P2) di daerah setempat yang bisa dilakukan secara online melalui SMS banking.