5 Desa di Seruyan Segera Dialiri Listrik

id Setda Seruyan, Muliadie, Listrik

5 Desa di Seruyan Segera Dialiri Listrik

Ilustrasi - Petugas PLN sedang memasang jaringan listrik yang menjangkau daerah pelosok yang belum teraliri listrik. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Sebanyak lima desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan segera dialiri listrik.

"Target kami tahun ini lima desa yang selama ini belum menikmati listrik akan segera menikmati pelayanan listrik," kata Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Seruyan Muliadie di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia mengatakan, lima desa yang akan teraliri listrik itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Desa Mekar Indah Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Desa Suka Mulya Kecamatan Batu Ampar, dan tiga desa Kecamatan Seruyan Tengah, yaitu Desa Mugi Panyuhu, Desa Ringin Agung dan Desa Panca Jaya.

"Saat ini proses pembangunan jaringan PLN sedang dilaksanakan, dan mudah-mudahan proses pembangunan jaringan berjalan dengan baik sehingga target lima desa tersebut teraliri listrik dapat terwujud," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengatakan, Pemkab Seruyan masih terus mengupayakan pembangunan jaringan listrik agar dapat menjangkau hingga ke daerah pelosok "Bumi Gawi Hantantiring".

Pembangunan jaringan listrik hingga ke pelosok sudah dikomunikasikan dengan pihak PT PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng), khususnya untuk desa yang sudah mempunyai akses jalan.

"Sedangkan untuk desa yang belum memiliki akses jalan memadai baru disiasati dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," katanya.

Ia menyebutkan, pembangunan jaringan listrik PLN yang dilakukan sejak 2016 lalu telah berjalan dengan baik di sejumlah kecamatan, seperti di Kecamatan Seruyan Tengah hampir seluruh jaringan PLN terpasang 100 persen.

Pemasangan jaringan PLN ke wilayah Seruyan Tengah dilakukan melalui jaringan PLN Pangkalan Bun menuju Desa Amin Jaya Kotawaringin Barat hingga ke Seruyan Tengah.

Hingga saat ini, untuk wilayah Seruyan, hanya tinggal dua kecamatan dari total 10 kecamatan yang belum bisa dialiri interkoneksi dari PLN, yakni Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun. Namun di Seruyan Hulu PLN tetap melayani listrik masyarakat dengan menggunakan mesin diesel.

"Sedangkan untuk jumlah desa yang sudah terjangkau jaringan PLN dan PLTS sudah mencapai 97 persen," katanya.