Ingin Tambah Wawasan, DPRD Bartim Pelajari Amdal ke DLH Kalsel

id DPRD Bartim, pelajari Amdal, Amdal, Anggota DPRD Bartim, Yudha Nyampai

Ingin Tambah Wawasan, DPRD Bartim Pelajari Amdal ke DLH Kalsel

Anggota DPRD Bartim Yudha Nyampai didampingi rekannya Cilikman Jakri saat melakukam kunker dalam rangka Studi Amdal ke DLH Provinsi Kalsel pada Selasa - Kamis (10/10/17). (Foto : DPRD Bartim)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Barito Timur, Kalimantan Tengah mempelajari atau menambah wawasan terkait prosedur Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan. 

"Dengan dilakukan studi ke DLH Kalsel pada Selasa-Kamis (10/10) kita mendapatkan pengetahuan banyak dari prosedur Amdal. Jika muncul persoalan nanti, DPRD memiliki bahan referensi sebagai rujukan dan pembanding," kata Anggota DPRD Bartim, Yudha Nyampai di Tamiang Layang, Jumat. 

Menurut politisi Partai NasDem itu, layak atau tidaknya dokumen Amdal  tersebut harus diketahui secara jelas. Agar nantinya tidak menjadi dokumen pelangkap perusahaan agar bisa operasi. 

Terlebih menimbulkan permasalahan lingkungan dan permasalahan seperti ini sering menjadi keluhan dan akhirnya diadukan warga ke DPRD.

Terlebih berkaitan aktivitas perusahaan yang diduga melakukan pencemaran lingkungan bahkan merusak biota air di sungai - sungai. 

Yudha menegaskan, problematika Amdal tidak hanya berlaku pada perusahaan pertambangan saja, melainkan juga perusahaan perkebunan yang ada di Bartim.

Dengan demikian, lanjutnya,  persoalan Amdal bisa menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah melalui OPD teknis untuk meninjau, mengevaluasi dan monitoring Amdal dengan fakta di lapangan. 

"Apa yang kita pelajari cukup memuaskan. Kini kita tahu mekanisme penyusunan Amdal. Dan jika ada permasalahan dampak lingkungan maka kita akan pelajari Amdalnya untuk mengetahui permasalahan dilapangan yang sebenarnya," demikian Yudha.