55 Guru Barut Ikuti Pendampingan Kurikulum 2013

id kurikulum 2013, masdulhaq, dikbud barut

55 Guru Barut Ikuti Pendampingan Kurikulum 2013

Sebanyak 55 guru dari sekolah di Kecamatan Gunung Timang dan Montallat ikuti pendampingan kurikulum 2013 di SMPN 1 Muara Teweh, Senin. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 55 orang guru dari sejumlah sekolah di Kecamatan Gunung Timang dan Montallat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan "In dan On Service" pendampingan kurikulum 2013.

"Kegiatan ini diikuti guru SMP di sekolah pada dua kecamatan itu bertempat di SMPN 1 Muara Teweh," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara (Barut), Masdulhaq di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Masdulhaq, kegiatan ini dilakukan pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalteng dilakukan untuk program `In` selama dua hari dan `On` selama empat hari.

Kurikulum, kata dia, adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisikan rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada satuan pendidikan dalam suatu periode.

"Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan, serta menjadi kebutuhan dunia pendidikan," kata dia.

Masdulhaq menjelaskan dalam isinya kurikulum 2013 akan lebih banyak ditekankan model pembelajaran Tematik dan lebih mengarah pada pendikikan karakter.

Pemerintah telah menegaskan bahwa semua satuan penyelenggara pendidikan dari berbagai jenjang pendidikan tahun 2018/2019 suka tidak suka, senang tidak senang semua telah menerapkan kurikulum 2013.

Dengan pemahaman kepada semua dewan guru diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat menjadi corong, mediator, sebagai steakholder agar bersama sama mendukung kurikulum 2013.

"Sehingga pencapaian tujuan pendidikan nasional yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2013 tentang sistem pendidikan nasional dapat tercapai," jelas Masdulhaq.