Pelantikan Sekda Definitif Palangka Raya Tunggu Penetapan KASN

id sekda kota palangka raya, wali kota palangka raya, Riban satia

Pelantikan Sekda Definitif Palangka Raya Tunggu Penetapan KASN

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pelantikan Sekda definitif pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat segera dilakukan mengingat hampir selama empat tahun jabatan sekda di kota setempat diduduki oleh pelaksana tugas.

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, di Palangka Raya, Selasa, terkait waktu pelantikan Sekda definitif mengatakan, pihaknya tinggal menunggu persetujuan penetapan sekda oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Pak Rojikinor sudah mendapatkan rekomendasi dari gubernur dari tiga nominasi calon sekda definitif Kota Palangka Raya yang diajukan. Pelantikan masih menunggu rekomendasi persetujuan dari KASN," kata Riban.

Untuk itu, pihaknya belum bisa menentukan waktu dan tempat pelaksanaan pelantikan Sekda definitif di Pemerintahan Kota Palangka Raya.

"Apabila rekomendasi persetujuan KASN turun, maka tahap selanjutnya adalah pelantikan, yang mana pengukuhan sebagai Sekda akan didukung dengan surat keputusan (SK) wali kota untuk jabatan sekda definitif," kata Riban.

Rojikinor saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangka Raya.

Dia merupakan salah satu dari tujuh orang yang sebelumnya mengikuti bursa lelang terbuka untuk memperebutkan jabatan Sekda Kota Palangka Raya.

Usai mengikuti rangkaian seleksi, Rojikin bersama dua peserta lelang lainnya dinyatakan sebagai tiga orang yang direkomendasikan oleh tim seleksi kepada Wali Kota untuk menjadi Sekda Palangka Raya.

Tiga orang yang mendapat rekomendasi untuk menjabat sebagai Sekda Palangka Raya ini ialah Rojikinor (Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman), Hera Nugrahayu (Kepala Bappeda) dan Sahdin Hasan (kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya).

Sebelumnya, Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Beta Syailendra pun berharap proses penetapan dan pelantikan Sekda definitif segera dilaksanakan.

Politisi partai berlambang matahari terbit ini pun berharap ketika nanti jabatan Sekda definitif di Palangka Raya ditetapkan, kinerja ASN di wilayah "Kota Cantik" tersebut semakin maksimal.