Gali Pendapatan Daerah, 9 Kades Ini Teken Komitmen "Penganten Sinta" Paju Epat

id Teken Komitmen Penganten Sinta Paju Epat, bartim, tamiang layang

Gali Pendapatan Daerah, 9 Kades Ini Teken Komitmen "Penganten Sinta" Paju Epat

Ketua BPD Siong Readi Andrang ikut menandatangani komitmen mendukung program "Penganten Sinta" Paju Epat. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Sembilan Kepala Desa dan ketua BPD di Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menandatangani komitmen "Penganten  Sinta" di balai Kecamatan Paju Epat.

Camat Paju Epat Yudesman Sekcam Edy Edwar di Tamiang Layang, Selasa mengatakan, Penganten Sinta kepanjangan dari pengembangan potensi wisata yang merupakan salah satu program yang diprakarsai Kecamatan Paju Epat.

"Tujuan Penganten Sinta agar Kades memiliki komitmen bersama membangun desa dengan menggali dan mengembangkan objek wisata yang ada untuk menjadi pendapatan daerah atau desa," katanya.

Siklus pembangunan yang di rencanakan, agar terciptanya Desa mandiri dan tidak ketergantungan dengan dana Rp1 miliar satu desa.

Dengan wisata, Pemerintah Desa diajak mengembangkan dan berkomitmen mengembangkan wisata sesuai potensi desa masing - masing.

Seperti potensi Desa Murutuwu dan Siong yang memiliki anggrek hitam, Desa Balawa Danau Puhut, Desa Maipe ada kerajinan tangan, 

Desa Telang Baru dan Tampu langit memiliki potensi wisata pemancingan, Desa Kalinapu memiliki satwa bekantan, sedangkan Desa Juru Banu  ada potensi lokasi panmancingan dan kuliner.

"Tahun ini komitmen Pemerintah Desa agar melalui APBDes bisa menganggarkan dana pengembangan objek wisata sesuai potensi desa masing - masing," terangnya.

Selanjutnya, Edy mengharapkan dukungan dari semua steackholder di Kabupaten Bartim, baik DPRD maupun Pemerintah Kabupaten Bartim agar ada dana pembangunan atau pengembangannya. Bahkan diharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat.