Supian Hadi : Perusahaan Wajib Liburkan Karyawan Saat Pilkades Kotim

id Bupati Kotim, Supian Hadi, Pilkades Kotim

Supian Hadi : Perusahaan Wajib Liburkan Karyawan Saat Pilkades Kotim

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi (Foto : Instagram Supian Hadi Shd 27)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi mewajibkan perusahaan besar swasta di daerah tersebut meliburkan karyawan guna menyalurkan hak pilih pada pemilihan kepala desa serentak 21 Oktober 2017.

"Kami mengimbau perusahaan turut mendukung kesuksesan pelaksanaan pilkades serentak. Seluruh aparatur sipil negara, termasuk guru dan petugas kesehatan, begitu pula karyawan perusahaan besar swasta yang akan memberikan hak pilih bisa diliburkan," kata Supian di Sampit, Selasa.

Pilkades serentak Sabtu(21/10) berlangsung di 78 desa di 16 kecamatan. Saat ini persiapan terus dilakukan, diantaranya pendistribusian surat suara yang sebagian sudah tiba di kecamatan dengan penjagaan ketat polisi.

Menjelang pelaksanaan pemungutan suara, suhu politik di desa dipastikan meningkat.

Namun Supian berharap seluruh masyarakat, khususnya calon kepala desa beserta pendukungnya, bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pemilihan kepala desa berjalan dengan aman lancar jujur dan adil untuk menghasilkan kepala desa yang terbaik.

Panitia pemilihan kepala desa mulai di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, harus menjalankan tugas secara profesional. Koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan harus dilakukan dengan baik untuk mengantisipasi munculnya gangguan dan hal yang tidak diinginkan.

Semua pihak diminta tidak melakukan kecurangan dan cara-cara yang dapat merugikan calon lain. Calon kepala desa harus memberikan teladan yang baik kepada masyarakat sehingga dengan sendirinya simpati dan dukungan masyarakat akan didapat.

"Saya yakin masyarakat sudah sangat cerdas. Isu bagi-bagi uang muncul, tapi saya harap itu tidak terjadi. Pilkada 2015 lalu merupakan salah satu contoh kedewasaan masyarakat Kotawaringin Timur. Ada pendapat, uang diambil tapi memilihnya tetap sesuai hati nurani. Serangan fajar (politik uang) akan rugi sendiri," kata Supian.

Saat hari pemungutan suara nanti, Supian akan memantau ke kawasan Utara yang meliputi enam kecamatan yakni Parenggean, Telaga Antang, Mentaya Hulu Bukit Santuai, Tualan Hulu dan Antang Kalang.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri akan memantau di kawasan Selatan yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Tidak ketinggalan pula Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, Halikinnor juga akan memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di kawasan Tengah seperti di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang Telawang, Kotabesi, Cempaga hingga Cempaga Hulu.

Supian berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di seluruh desa berjalan aman, lancar, jujur dan adil sehingga menghasilkan kepala desa yang terbaik.

Kepala desa berperan penting dalam kesuksesan dan kemajuan pembangunan di setiap desa untuk menyejahterakan masyarakat, katanya.