Legislator Ajak Masyarakat Aktif Perangi Peredaran Narkoba

id DPRD Palangka Raya, Alfian Batnakanti, Perangi Peredaran Narkoba

Legislator Ajak Masyarakat Aktif Perangi Peredaran Narkoba

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sekretaris Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Alfian Batnakanti mengajak masyarakat menjadi garda terdepan dalam memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Belum lama ini di Banjarmasin, gudang berisi 7,3 juta butir carnophen atau zenith berhasil di gerebek. Untuk itu saya mengajak masyarakat menjadi garda terdepan dalam memerangi narkoba agar hal-hal yang semacam itu bisa diantisipasi," katanya saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Selasa.

Menurut politisi Gerindra ini, penggerebekan gudang berisi 7,3 juta butir carnophen tersebut merupakan bukti bahwa peredaran narkoba masih marak sehingga harus diwaspadai.

Dia mengatakan, peredaran narkoba sudah sangat parah karena tidak hanya di perkotaan, tetapi juga hingga ke perdesaan. Bahkan narkoba sudah banyak anak-anak yang terpapar barang haram itu.

Pernyataan itu diungkapkan tekait kejadian pada Minggu (8/10) lalu, yang mana polisi menggerebek sebuah gudang obat di Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin, Kalsel yang mana ditemukan 7.320.000 butir narkoba jenis carnophen atau zenith.

Polisi juga mengamankan sembilan orang tersangka dalam penggerebekan tersebut. Satu diduga merupakan seorang oknum polisi berpangkat Iptu yang diamankan karena berada di lokasi saat penggerebekan.

Untuk itu, Alfian kembali mengajak masyarakat dan aparat penegak hukum di Kota Palangka Raya, mewaspadai kasus ditemukannya 7,3 juta zenith tersebut.

Terlebih lagi, berdasar beberapa kasus tangkapan zenith oleh Polres dan BNN Palangka Raya, sebagian tersangka mengakui barang haram itu didatangkan melalui Banjarmasin.

"Saya meminta kepada pihak terkait di Palangka Raya untuk meningkatkan pengawasan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Namun, masyarakat juga harus peduli dan berpartisipasi dan aktif membantu penegak hukum memberantas narkoba," katanya.