Masyarakat Seruyan Antusias Dukung TMMD Kodim Sampit

id Kodim Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, TMMD Seruyan

Masyarakat Seruyan Antusias Dukung TMMD Kodim Sampit

Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir meninjau aksi sosial kesehatan dalam TMMD ke-100 Kodim 1015 Sampit. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Masyarakat Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah sangat antusias mendukung Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang dilaksanakan Kodim 1015 Sampit dengan membantu pekerjaan di lapangan.

"Kami sangat bangga karena masyarakat sangat antusias membantu kami di lapangan. Ini wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat. Program TMMD ini memang bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan di daerah," kata Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa di Sampit, Rabu.

Kegiatan TMMD Kodim 1015 Sampit dilaksanakan di Desa Wana Tirta, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan pada 27 September hingga 27 Oktober 2017. Sejak kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir hingga saat ini, masyarakat setempat turut berpartisipasi membantu anggota Kodim dalam meningkatkan jalan, membangun jembatan dan merenovasi tempat ibadah.

Dua sasaran utama kegiatan ini yaitu peningkatan badan jalan sepanjang 4000 meter dengan lebar 12 meter dan pembuatan plafon Gereja Santo Fransiskus dengan ukuran 10 x 18 meter. Selain itu juga ada sasaran tambahan, yakni pembuatan dua jembatan berukuran 4 x 4 meter dan 4 x 6 meter.

Hasil evaluasi capaian kegiatan hingga Selasa (17/10) kemarin, peningkatan badan jalan ukuran 4000 x 12 meter sudah mencapai 2800 meter atau sekitar 70 persen, perbaikan plafon Gereja Katolik Santo Pransiskus sudah mencapai 34 persen, pembuatan jembatan ukuran 4x6 meter sudah mencapai 2,8 meter atau 47 persen jembatan ukuran 4x4 meter sudah mencapai 2,5 meter atau 63 persen.



Kodim 1015 Sampit menurunkan 125 personel, selain itu kekuatan bertambah dengan kehadiran 79 orang warga masyarakat dan instansi, 22 orang dari pemerintah daerah dan tiga anggota Polres Seruyan.

"Kami sangat optimistis kegiatan akan tercapai sesuai target, apalagi dengan melihat kekompakan antara TNI dengan masyarakat dan instansi lainnya. Kalau kita selalu kompak seperti ini, pekerjaan apapun bisa dengan mudah kita selesaikan," kata Putra Yasa.

Putra Yasa berterima kasih atas dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Seruyan. Bupati Sudarsono dan Wakil Bupati Yulhaidir bahkan menyempatkan meninjau pelaksanaan di lokasi sejak persiapan hingga kegiatan berlangsung saat ini.

Kegiatan TMMD ke-100 Kodim 1015 Sampit ini bertujuan membantu percepatan pembangunan desa yang dulunya merupakan lokasi transmigrasi. Masyarakat setempat sangat membutuhkan bantuan pemerintah dalam rangka membangun infrastruktur.

Jalan yang sedang ditingkatkan saat ini sangat dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat. Dengan meningkatnya infratruktur diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.