Pasar Mingguan Terbesar di Barut Selesai Akhir 2017

id Bupati Barut, Nadalsyah, Pasar Mingguan Terbesar

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Sekda H Jainal Abidin dan pejabat lainnya serta anggota DPRD H Abri melakukan peninjauan pembangunan pasar dermaga Muara Teweh, Rabu (18/10). (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pasar mingguan terbesar di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah yang dikenal Pasar Dermaga Muara Teweh, terus dilakukan renovasi dan ditargetrkan selesai akhir tahun 2017.

"Pasar mingguan setiap hari Rabu ini dilakukan rehab berat untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat itu pekerjaannya sudah mencapai 75 persen," kata Bupati Barut, Nadalsyah disela-sela melakukan kunjungan ke Pasar Dermaga Muara Teweh, Rabu.

Menurut Nadalsyah renovasi berat Pasar Dermaga merupakan salah satu pasar selain Pasar Bebas Banjir (PBB) yang mendapat bantuan melalui tugas pembatuan dari APBN.

Kunjungan Bupati Nadalsyah ke Pasar Dermaga itu didampingi Sekretaris Daerah Jainal Abidin dan pejabat lainnya itu guna melihat langsung pelaksanaan renovasi pasar mingguan tertua di Barito Utara ini.

"Kita harapkan Pasar Dermaga ini selesai akhir tahun 2017 ini, untuk lahan parkir dan bangunan lainnya yang ada di kawasan Pasar Dermaga dibangun Pemkab Barito Utara dan menjadi pasar mingguan termegah," katanya.

Nadalsyah juga mengatakan, kenapa pasar PBB belum selesai kemudian dibangun kembali Pasar Dermaga. Karena kedua pasar ini pos anggarannya berbeda-beda. Sedangkan untuk kekurangan-kekurangan dari bangunan pasar PBB nantinya akan dianggarkan oleh pemkab setempat.

Sebelum diserahterimakan bangunan Pemkab Barito Utara tidak bisa melanjutkan kekurangan-kekurangannya bangunannya, jadi ada jeda selama satu tahun.

"Untuk kekurangannya sudah kita anggarkan di tahun anggaran 2018 nanti," kata Nadalsyah.

Pasar Dermaga merupakan pasar mingguan terbesar di Kabupaten Barito Utara yang usia sudah relatif tua mencapai puluhan tahun atau dibangun sekitar tahun 85-an yang berkontruksi kayu dibangun di pinggiran Sungai Barito.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara, Hajrannor pasar ini nantinya akan menjadi pasar yang lengkap, tempat parkir yang luas, disiapkan tempat bongkar muat dan di lokasi pasar akan disiapkan beberapa ATM.

Selain itu dilengkapi fasilitas pendukung lainnya dinataranya toilet, mushola dan ruang menyusui anak.

"Pasar Dermaga ini dibangun dengan ruang berdasarkan proptotipe dari pemerintah pusat atau Kementerian Perdagangan," katanya.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar