Berkat Blunder Kiper Benfica, Manchester United Menang

id Liga Champions, Manchester United, Benfica

Berkat Blunder Kiper Benfica, Manchester United Menang

Penjaga gawang Benfica Mile Svilar yang menjadi kiper termuda dalam sejarah Liga Champions berusia 18 tahun 52 hari. (https://twitter.com/ChampionsLeague)

Jakarta (Antara Kalteng) - Manchester United mengamankan poin penuh setelah mengalahkan Benfica dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan ketiga fase grup Liga Champions di Stadion Lisbon, Kamis dini hari waktu Indonesia.

Kemenangan pasukan Jose Mourinho itu terjadi bukan melalui serangan terbuka, melainkan dari kesalahan posisi kiper muda Benfica, Mile Svilar, saat mengantisipasi tendangan bebas Marcus Rashford.

Kiper berumur 18 tahun 52 hari itu sudah menangkap bola yang disepak Rashford, namun ia mundur dari posisinya semula saat melompat sehingga bola dalam genggamannya telah melewati garis gawang dan dinyatakan gol oleh wasit.

Manchester United memuncaki klasemen sementara grup A dengan sembilan poin, sementara Benfica berada di dasar klasemen tanpa meraih poin. Basel berada di urutan kedua setelah mengalahkan CSKA Moskow 2-0.

Pada jalannya laga yang disiarkan televisi swasta nasional, Manchester United terlihat kesulitan mengembangkan permainan dengan permainan menekan dan disiplin yang diterapkan para gelandang Benfica.

Juan Mata, Henrikh Mkhitarian dan Ander Herrera tidak leluasa meninggalkan posisinya untuk membantu penyerangan, sementara Lukaku pun tampak "kesepian" di lini depan karena tidak menerima umpan matang untuk membuka peluang.

Salah satu peluang terbaik United tercipta pada pertengahan babak pertama saat Nemanja Matic merangsek ke depan melalui sebelah kiri kemudian melepaskan tendangan mendatar, sayang bola bisa ditepis kiper Benfica.

Pada babak kedua, Matic kembali mengemas peluang melalui sepakan dari luar kotak penalti, namun arah bola tidak akurat pada menit 58.

Gol yang ditunggu Jose Mourinho hadir pada menit 64 saat tendangan bebas Rashford yang ditujukan sebagai umpan justru ditangkap Svilar yang melakukan kesalahan mundur dari posisi melompatnya sehingga bola melewati garis gawang.

Benfica punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan dari tendangan pojok Cervi kepada Dias yang menunggu di dalam kotak penalti pada menit 84, sayang peluang itu tidak berbuah gol sehingga skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:

Benfica (4-2-3-1): Svilar; Douglas, Luisao, Dias, Grimaldo; Fejsa, Augusto; Salvio, Pizzi, Goncalves; Jimenez.
Cadangan: Cesar, Lopez, Samaris, Zivkovic, Cervi, Jonas, Seferovic.

Man United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Lindelof, Smalling, Blind; Herrera, Matic; Mata, Mkhitaryan, Rashford; Lukaku.
Cadangan: Romero, Darmian, Jones, McTominay, Young, Lingard, Martial.