Oknum Kesbangpol Pulang Pisau Lecehkan Awak Media

id pulang pisau, PWI Pulang Pisau, Adi Waskito, Oknum Kesbangpol Pulpis Tantang Awak Media, awak media, pers, lecehkan

Oknum Kesbangpol Pulang Pisau Lecehkan Awak Media

Wartawan. (FOTO ANTARA)

...oknum SN juga menantang tidak takut diberitakan. Selain bisa menjadi terkenal akibat perbuatannya itu, ia juga menyebut teman dekat Ketua PWI Kalimantan Tengah, H Sutransyah.
Pulang Pisau (Antara Kalteng) -  Awak media yang bertugas di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah menyesalkan kata-kata yang dikeluarkan SN oknum pada kegiatan sosialisasi Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Aula Bappeda Litbang setempat, Kamis.

Ketidaknyaman beberapa awak media tersebut dikarenakan SN menyebut bahwa panitia tidak mengundang awak media untuk meliput kegiatan tersebut. Komentar tersebut membuat ketidaknyamanan beberapa awak media yang hadir. 

Secara khusus, tidak ada yang menarik dalam acara berbau seremoni tersebut, hanya saja kehadiran mantan Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang bisa menjadi daya tarik bagi awak media.

"Perlakuan yang tidak mengenakkan membuat kami enggan untuk berlama-lama di acara itu, apalagi oknum panitia terang-terang mengatakan tidak mengundang media dan media bukan peserta dalam kegiatan itu," kata Bangun Sugito yang tercatat sebagai anggota  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat dari media Kalimantan Pos.

Hal senada juga disampaikan James dari media Borneo News. Sebelumnya sempat terjadi perdebatan dengan oknum SN tersebut.

Ketua PWI Kabupaten Pulang Pisau, Adi Waskito dari antarakalteng.com mengatakan menelaah dari masukan teman-teman yang bertugas di lapangan, tidak seharusnya oknum SN mengeluarkan kata-kata tersebut. Wartawan dibawah kode etik berhak menjalankan tugas jurnalisnya berdasarkan Undang-undang No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

"Kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Pulang Pisau, jadi para awak media setempat memiliki kebanggaan bisa ikut serta meliput kegiatan tersebut," ujar Adi Waskito.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Wakil Sekretaris M Yakin Efendi (Tabengan), oknum SN juga menantang tidak takut diberitakan. Selain bisa menjadi terkenal akibat perbuatannya itu, ia juga menyebut teman dekat Ketua PWI Kalimantan Tengah, H Sutransyah. 

Dikatakan Adi Waskito, hal tersebut seharusnya tidak patut diungkapkan karena orang menilai dalam setiap tindaktanduk dan perbuatan yang dilakukannya selalu mengandalkan atau menjual nama para pejabat dan petinggi sebagai tempat terlindung. 

"Apabila perbuatan tersebut tidak diintropeksi oleh yang bersangkutan, tentu setiap perbuatan yang dilakukannya akan selalu memandang remeh orang lain,"

Kabag Umum Setda Pulang Pisau, Daryatno sebelumnya berusaha untuk memediasi perselisihan tersebut. Hanya saja beberapa awak media sudah terlanjur kecewa dengan oknum SN, karena masih tidak terima menyangkut harga diri dari sebuah profesi seorang jurnalis.