Mantap! Pemkab Lamandau Anggarkan Rp2,9 Miliar Bantu 642 Mahasiswa

id lamandau, nanga bulik, beasiswa, Arifin LP Umbing, Pemkab Lamandau Anggarkan Rp2,9 Miliar Bantu Mahasiswa

Mantap! Pemkab Lamandau Anggarkan Rp2,9 Miliar Bantu 642 Mahasiswa

Sekda Lamandau pada saat memimpin rapat penetapan penyaluran Beasiswa asal Kabupaten Lamandau di aula kantor Setda setempat. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah dalam tahun 2017 menyediakan anggaran sebesar Rp2,9 miliar lebih untuk membantu dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah setempat.

Anggaran sebesar itu setelah memperhatikan mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa jumlahnya mencapai 642 orang, kata Sekretaris Daerah Lamandau, Arifin LP Umbing saat memimpin rapat penetapan penyaluran dana beasiswa bagi mahasiswa, di Nanga Bulik, Kamis.

"Beasiswa diperuntukan 642 orang, kategori beasiswa mahasiswa keluarga kurang mampu 218 orang, dan beasiswa prestasi mencapai 424 orang. Kategori beasiswa prestasi pun dibagi tiga, yakni umum, mahasiswa kedokteran serta pascasarjana atau S2," ucapnya.

Meskipun sesuai surat edaran Bupati Lamandau terkait batas waktu pengurusan berkas pengajuan beasiswa untuk tahun ini harus lengkap paling lambat 7 Agustus 2017, namun dengan berbagai pertimbangan maka tetap diberikan dispensasi atau tambahan waktu.

Arifin mengatakan pemberian dispensasi tersebut karena Pemkab Lamandau tetap berkomitmen untuk memberikan bantuan atau beasiswa bagi seluruh mahasiswa asal Kabupaten Lamandau yang mengikuti pendidikan di semua perguruan tinggi.

"Bukan kita tambah waktunya, tapi atas berbagai pertimbangan khususnya kita tidak ingin ada mahasiswa asal Kabupaten Lamandau yang lain yang tidak ter`cover` maka kita perpanjang batas pengurusan berkasnya hingga 31 Oktober nanti," ucapnya.

Sekda Lamandau bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lamandau Meigo Basel, serta sejumlah pihak pun sekarang ini menginventarisir semua hal terkait perkembangan rencana penyaluran dana beasiswa dari pemkab Lamandau.

Inventarisir dimulai dari persoalan jumlah mahasiswa, kategori bantuan, besaran beasiswa atau bantuan, termasuk kesediaan anggaran yang akan disalurkan, serta waktu penyaluran.

"Kita berharap bantuan dan beasiswa ini dapat membuat mahasiswa asal Kabupaten Lamandau tetap melanjutkan studinya hingga lulus, serta semakin semangat untuk meningkatkan prestasi," demikian Arifin.