Ini Para Poktan Barut yang Terima Bibit Bawang Merah 30 Ton

id poktan barut, bawang merah, distan barut

Ini Para Poktan Barut yang Terima Bibit Bawang Merah 30 Ton

Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara menerima bantuan bibit bawang meran sebelum didistribusikan ke kelompok tani di tujuh kecamatan. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kelompok tani di tujuh kecamatan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mendapat bantuan bibit bawang merah sebanyak 30,15 ton untuk dikembangkan di lahan seluas 50 hektare.

"Saat ini puluhan ton bibit bawang merang ini sedang siap didistribusikan petani di sejumlah desa," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara (Barut), Setia Budi di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Budi, petani yang mendapat bibit bawang merah bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kalteng ini meliputi kelompok tani Desa Batu Raya I Kecamatan Gunung Timang, poktan di Desa Datai Nirui, Beringin Raya, Rimba Sari, Pendreh, Kelurahan Lanjas dan Kelurahan Melayu di Kecamatan Teweh Tengah.

Kemudian poktan di Desa Trahean dan Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, petani Desa Mukut Kecamatan Lahei, poktan Desa Sikan dan Kelurahan Montallai II Kecamatan Montallat, poktan Desa Malawaken Kecamatan Teweh Baru dan poktan Desa Mampuak I, Mampuak II dan Jamut Kecamatan Teweh Timur.

"Petani selain mendapat bantuan bibit bawang merah, juga mendapat sarana produksi berupa pupuk dan lainnya. Bibit ini ditanam sebanyak 600 kilogram per hektarenya," kata dia.

Budi mengatakan pengembangan tanaman bawang merah di daerah ini memberikan hasil yang memuaskan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena harga bawang merah yang saat ini termasuk mahal.

Dikembangkannya salah satu komoditas pertanian tersebut setelah cocok dibudidayakan di daerah ini serta mendapat dukungan dari Bupati Barito Utara Nadalsyah.

"Dengan adanya pembagian bibit bawang merah tersebut, diharapkan Barito Utara dapat memproduksi bawang merah untuk kebutuhan masyarakat di daerah setempat maupun dijual keluar daerah, disamping tanaman jagung," ujar Budi.