Sejumlah Kapal Dikerahkan Bantu Evakuasi Penumpang KM Dharma Kencana II

id dharma kencana II, laut jawa, pelabuhan kumai

Sejumlah Kapal Dikerahkan Bantu Evakuasi Penumpang KM Dharma Kencana II

Ilustrasi - KM Dharma Kencana II. (Liputan6.com)

Jepara (Antara) - Dua kapal dari Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, turut diterjunkan ke lokasi terbakarnya kapal penumpang KM Dharma Kencana II yang berada di 47 mil barat laut Pulau Karimunjawa, Minggu pagi.

Menurut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Karimunjawa Rian Ticen di Jepara, Minggu, setelah mendapatkan informasi terbakarnya KM Dharma Kencana II dengan rute pelayaran Semarang-Pontianak pada Minggu (29/10) pukul 04.15 WIB, untuk misi kemanusian dua kapal yang kebetulan berada di Pelabuhan Karimunjawa diberangkatkan ke lokasi terjadinya kebakaran kapal tersebut.

Kedua kapal yang menuju lokasi kebakaran yakni kapal Pelni Kelimutu dan  Ekspres Bahari.

Keberangkatan kedua kapal tersebut, kata dia, dalam rangka untuk membantu evakuasi penumpang yang naik KM Dharma Kencana II tersebut.

Untuk KM Kelimutu, katanya, berangkat dari Karimunjawa sekitar pukul 07.00 WIB, sedangkan KM Ekspres Bahari berangkat dari Karimunjawa pukul 08.00 WIB.

Perjalanan dari Karimunjawa menuju lokasi kejadian yang diperkirakan berada di 47 mil Barat Laut Pulau Karimunjawa, untuk KM Ekspres Bahari membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, sedangkan KM Kalimutu membutuhkan waktu sekitar 4 jam.   
    
"Informasinya, kapal yang diangkut KM Dharma Kencana tersebut hanya 114 penumpang dewasa, sehingga kehadiran kedua kapal tersebut sangat cukup untuk evakuasi penumpang," ujarnya.

Apalagi, kata dia, dari Pelabuhan Semarang juga dikirimkan kapal bantuan, seperti dari Basarnas dan beberapa pihak yang turut serta membantu evakuasi penumpang kapal.

Hingga kini, kata dia, dirinya belum bisa memastikan posisi kedua kapal yang membantu evakuasi penumpang kapal yang terbakar.

Berhasil Diselamatkan

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Jepara Lulus Suprayetno menambahkan, semua penumpang KM Dharma Kencana II yang terbakar tersebut, berhasil diselamatkan.

Jumlah penumpang, kata dia, sebanyak 114 orang dewasa, tiga anak, dan satu orang bayi.

Sementara kendaraan yang diangkut, yakni kendaraan golongan dua sebanyak 20 unit, kendaraan golongan III sebanyak delapan unit, golongan IV sebanyak satu unit dan golongan V sebanyak 17 unit.

Informasinya, kata dia, kapal yang dikerahkan ada sembilan kapal untuk membantu evakuasi penumpang, termasuk dua kapal yang diberangkatkan dari Pulau Karimunjawa, yakni KM Kelimutu dan KM Ekspres Bahari.

KM Dharma Kencana II tujuan Pontianak berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Sabtu (28/10) pukul 17.00 WIB, kemudian pada Minggu (29/10) pukul 04.15 WIB terbakar.