Pemkab Bekali Pelajar Wawasan Kepariwisataan Lamandau

id Pemkab Lamandau, Frans Effendi, Wawasan Kepariwisataan

Pemkab Bekali Pelajar Wawasan Kepariwisataan Lamandau

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamandau, Frans Effendi. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah menyusun program pembekalan terhadap pelajar agar semakin sadar serta memiliki wawasan yang luas terhadap potensi kepariwisataan di wilayah sekitar.

Pengembangan dan penataan objek wisata tetap menjadi perhatian penting namun peningkatkan serta kesadaran semua pihak termasuk pelajar juga tetap diperhatikan, kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lamandau, Frans Effendi di Nanga Bulik, Senin.

"Jadi, pembekalan terhadap pelajar yang terus kita lakukan juga sebagai bagian dari mendorong mereka ikut berpartisipasi menjaga dan melestarikan sekaligus mempromosikan objek wisata yang ada di sekitarnya melalui media daring," tambahnya.

Dikatakannya, pelajar perlu dibekali pemahaman tentang pariwisata dan budaya Lamandau, karena ini merupakan salah satu bentuk edukasi, khususnya yang masih berusia belia.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau rutin berkeliling untuk mensosialisasikan sadar wisata. Frans mengatakan melalui sosialisasi tentang pariwisata dan budaya, seorang pelajar selaku generasi penerus bangsa dapat lebih memahami betapa pentingnya melestarikan potensi pariwisata dan budaya di daerah sebagai salah satu aset budaya Nasional.

"Untuk menggali potensi Pariwisata yang dimiliki Kabupaten Lamandau sangatlah besar. Keindahan alam, budaya dan geologinya menjadi modal untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini sesuai dengan program sadar wisata," ucapnya.

Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Lamandau ini menyebut pariwisata juga berkaitan erat dengan sektor pertanian, sehingga kedua sektor tersebut perlu dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang akan berdampak positif.

"Berkembangnya sektor pariwisata tersebut secara otomatis akan menarik minat para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Lamadau ini," demikian Frans.