Peran Pemuda Gumas Harus Lebih Meningkat, Kata Sekda

id sekda gumas, hari sumpah pemuda

Peran Pemuda Gumas Harus Lebih Meningkat, Kata Sekda

Sekda Gumas Ir Kamiar bersalaman dengan Ketua TP-PKK Apristini Arton S Dohong, usai menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tingkat Kabupaten Gumas Tahun 2017, Senin (30/10) di Halaman Kantor Bupati. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Ir Kamiar mengungkapkan. Peran pemuda di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) perlu lebih ditingkatkan, dalam rangka berpartisipasi dan menjadi pelaku pembangunan. 

"Sejauh ini, peran pemuda di Kabupaten Gumas memang ada, namun belum maksimal, dan perlu lebih ditingkatkan, sehingga dapat memiliki andil besar dalam setiap pelaksanaan pembangunan di daerah ini," ungkapnya kepada awak media, Senin. 

Menurut Sekda, peran pemuda juga sangat diharapkan dalam pelaksanaan pembangunan. Untuk itu, mereka jangan sampai memiliki perasaan malu untuk tampil, mampu berkolaborasi dengan masyarakat, dan memiliki ide kreatif untuk disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas.

"Jangan malu untuk tampil, harus percaya diri. Kalau bukan mereka (generasi muda, Red), siapa lagi yang akan menjadi generasi penerus roda pemerintahan dan pembangunan di daerah ini," tandasnya.

Ia mengatakan, sebagai seorang pemuda harus berpikir cerdas untuk lebih berkontribusi dalam setiap pembangunan, meningkatkan kemampuan menguasai teknologi, pengetahuan, kreativitas dan inovasi, dalam rangka mengisi pembangunan.

"Artinya, mereka harus menjauhkan diri dari perbuatan negatif, seperti narkoba pergaulan bebas, minuman keras (miras), sehingga nantinya mampu menjadi pelopor pembangunan di Kabupaten ini," katanya.

Ia menambahkan, tentunya Pemkab Gumas pun akan selalu memberikan dukungan, meskipun dengan anggaran yang sangat terbatas. Mengingat peran pemuda sangat diharapkan, mereka jangan terlena hanya dengan sifat hura-hura, tetapi harus berbuat sesuatu untuk daerah.

"Ini akan tetap menjadi perhatian pemerintah, karena pemuda merupakan generasi penerus bangsa dan daerah," demikian Kamiar.