Target 4.000 Pasar Rakyat Dibangun, Kata Mendag

id mendag, enggartiasto lukita

Target 4.000 Pasar Rakyat Dibangun, Kata Mendag

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Tomohon (Antara Kalteng) - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan sebanyak 4.000 pasar rakyat yang tersebar di wilayah Indonesia pada tahun 2018.

"Tahun ini lebih dari 1.200 pasar rakyat yang dibangun, selanjutnya di tahun 2018 diharapkan mencapai 4.000, dan di tahun 2019 bisa mencapai 5.000 pasar rakyat," kata Menteri di Manado, Selasa.

Menteri mengatakan alasan dibangunnya pasar rakyat untuk memberikan pelayanan dan peningkatan pendapatan masyarakat kecil.

"Karena itu, kita fokus pada membangun pasar rakyat, kita ingin pendapatan dan kesejahteraan mereka meningkat. Pembangunan pasar rakyat ini juga dalam rangka pemerataan," ujarnya.  
   
Menteri menambahkan, pada akhir bulan Oktober atau awal November mendatang, Kementerian Perdagangan akan meluncurkan aturan yang memberikan akses harga sama dengan gerai-gerai modern kepada pedagang pasar atau warung.

Aturan itu, lanjut dia, akan diujicobakan dalam waktu dekat ini.

"Bagaimana mau untung atau sejahtera," katanya.

Menteri Enggartiasto Lukita saat melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara mengunjungi Pasar Beriman, berdialog dengan pelaku usaha dan pemangku kepentingan terkait.