Ikan Patin Produksi Terbesar Perikanan Palangka Raya

id Dinas perikanan, lensi Asi, Ikan Patin

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Lensi Asi. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Lensi Asi mengatakan produksi ikan patin merupakan jenis terbanyak yang dihasilkan para pembudidaya ikan di kota tersebut.

"Untuk triwulan ketiga tahun ini, jenis ikan patin menjadi produksi terbanyak yang mencapai 1.819,12 ton dari total produksi ikan jenis budidaya yang mencapai 3.393,24 ton," kata Lensi di Palangka Raya, Selasa.

Menurut Dinas Perikanan Palangka Raya, jenis ikan yang dibudidayakan di kategorikan menjadi 10 jenis utama yakni ikan mas, nila, gurame, patin, lele, bawal, toman, baung, betok dan ikan gabus. Sementara jenis ikan lainnya diklasifikasikan secara umum.

Berdasarkan data, produksi budidaya ikan nila menempati urutan kedua yang menghasilkan sebanyak 734,89 ton yang disusul dengan produksi ikan mas mencapai 3.355,75 ton.

Kemudian dilanjutkan produksi ikan lele sebanyak 299,28 ton, ikan toman sebanyak 22,10 ton, ikan betok sebanyak 18,07 ton dan ikan baung yang menghasilkan sebanyak 14,68 ton.

Urutan selanjutnya ialah produksi budidaya ikan bawal yang mencapai 6,78 ton. Untuk produksi jenis ikan lainnya mencapai 2,26 ton dan terakhir jenis budidaya ikan gabus yang hanya mencapai 0,11 ton selama triwulan ke-3 2017.

"Hasil produksi ikan budidaya itu tersebut ada yang dipelihara menggunakan kolam, karamba maupun karamba jaring terapung (KJA)," katanya.

Menurut Lensi, hasil produksi ikan budidaya ini setiap tahun terus meningkat seiring dengan semakin berminatnya masyarakat untuk menjadi pembudidaya.

Namun, potensi budidaya ikan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu jika dilihat dari sisi potensi yang ada belum dimanfaatkan maksimal dan pembudidayaannya masih berpusat di Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Jekan Raya.

Diantara bentuk potensi perikanan di wilayah Palangka Raya ini seperti dengan adanya dua sungai besar dan 118 danau dan sejumlah kawasan rawa.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar