100 Personel Brimob Polda Kalteng Diperbantukan Jaga Freeport

id brimob polda kalteng, brimob, freeport

100 Personel Brimob Polda Kalteng Diperbantukan Jaga Freeport

ilustrasi - Sejumlah anggota Brimob meneriakkan yel-yel. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Timika (Antara Kalteng) - Sebanyak 100 personel Brimob dari Polda Kalimantan Tengah yang tiba di Timika, Selasa sekitar pukul 06.00 WIT akan ditugaskan untuk membantu pengamanan area PT Freeport Indonesia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, dalam siaran pers yang diterima Antara di Timika, menyebutkan kedatangan satu satuan setingkat kompi (SSK) Brimob Kalimantan Tengah tersebut untuk mendukung Satgaspam Amole PT Freeport Indonesia.

Penambahan personel Brimob itu terkait kasus penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap personel Brimob dan masyarakat sipil di Kampung Utikini Distrik Tembagapura, beberapa waktu lalu.

Selain itu, personel Bawa Kendali Operasi (BKO) Brimob dari Polda Kalimantan Tengah juga untuk membantu Polres Mimika menciptakan stabilitas kamtibmas menyusul eskalasi gangguan kamtibmas yang dilakukan oleh KKB maupun para pelaku kejahatan lainya di wilayah hukum Polres Mimika.  
    
Satu SSK Brimob Polda Kalimantan Tengah tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika menggunakan pesawat carteran Lion Air dibawa pimpinan Kasat Brimob Kalteng Kombes Pol Kamustian.

Selanjutnya, mereka bergeser ke Mako Brimob Yon B Timika yang ada di mile 32.

Seluruh personel dengan perlengkapan diangkut menggunakan bus milik PT Freeport Indonesia untuk menerima arahan dari Karo Ops Polda Papua KBP Carles Simanjuntak, sebelum melaksanakan tugas dalam rangka membantu anggota yang sudah ada di pos.