Ternyata! Nyamuk Bisa Sebarkan 5 Penyakit Ini

id Dinkes Bartim, tamiang layang, Naymuk Bisa Sebarkan 5 Penyakit Ini, Simon Biring

Ternyata! Nyamuk Bisa Sebarkan 5 Penyakit Ini

Kadis Kesehatan Bartim dr Simon Biring MPH. (Foto Antara Kalteng/Habibullah )

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, dr Simon Biring MPH mengatakan, kini nyamuk merupakan hewan yang bisa menularkan lima jenis penyakit berbahaya dan bisa mematikan.

"Lima macam jenis penyakit yang bisa ditularkan nyamuk adalah, chikungunya, malaria, demam berdarah, filariasis dan penyakit kuning," kata Simon Biring di Tamiang Layang, Rabu.

Masyarakat pada umumnya menganggap enteng gigitan nyamuk. Sebab, hanya menimbulkan gatal-gatal saja. Padahal,  nyamuk merupakan hewan penyalur penyakit berbahaya di dunia menurut WHO. 

Kini nyamuk menjadi musuh utama karena bisa langsung menularkan berbagai penyakit berbahaya melalui gigitannya. Bahkan, bisa menyebabkan kematian.

Simon menyarankan, jika terdapat sarang nyamuk dilingkungan rumah maka hendaknya melakukan budaya 3M yakni menguras, menutup dan mengubur.

Selain itu, perlu pula perlakuan hidup sehat dan bersih lainnya terutama terhadap lingkungan sekitar rumah. 

"Untuk menghindari nyamuk memang diperlukan kebersihan lingkungan. Namun lebih penting lagi jika bisa menggunakan kelambu tidur," terangnya.

Menurut mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Katingan itu, kelambu merupakan sarana efektif menghindari gigitan nyamuk.