Ingin Berbisnis dan Berkah di Instagram? Ikuti 5 Langkah Ini

id instagram, bisnins di instagram, Ingin Berbisnis di Instagram, Ikuti 5 Langkah Ini

Ingin Berbisnis dan Berkah di Instagram? Ikuti 5 Langkah Ini

Logo aplikasi Instagram (blog.instagram.com)

Jakarta (Antara Kalteng) - Brand lokal kecil dan menengah kini dapat memanfaatkan Instagram sebagai tempat memasarkan barang mereka secara online.

Pasalnya, platform sosial media berbasis foto tersebut sekarang menghadirkan fitur dan alat yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Di sela gelaran InstaMarket, Jumat (3/11), SMB Account Manager Facebook Indonesia, Mark Nathaniel Barki, berbagi lima langkah awal untuk mulai berbisnis di Instagram.

1. Ubah profil pribadi ke profil bisnis
Untuk memulai berbisnis di Instagram, Anda dapat mengunjungi laman profile setting dalam akun Instagram bisnis Anda, tekan ikon roda gigi di sebelah "Edit Profile" dam pilih opsi "Switch to business profile."

"Sudah tidak jamannya bisnis pakai profil personal, karena profil bisnis dapat memberikan benefit luar biasa, seperti mendapat akses informasi konten dan menaruh map," ujar Mark.

"Untuk yang mau bisnis di Instagram harus punya page di Facebook," sambung dia.

Pilih halaman Facebook yang ingin Anda hubungkan dengan Instagram Business Profile Anda.

2. Atur profil bisnis Anda
Dalam kolom bio Anda dapat memperkenalkan bisnis yang Anda jalankan. Orang-orang dapat mengidentifikasi bisnis Anda berdasarkan kategori atau industri yang Anda geluti.

Anda juga dapat menaruh kontak yang dapat dihubungi. Pilihan yang diberikan oleh Instagram meliputi telepon, SMS, email atau peta lokasi menuju toko Anda.

Lebih dari itu, Anda juga bisa memberikan alamat website jika konsumen membutuhkan informasi lebih lanjut.

"Bio cukup satu atau dua kalimat saja yang menjelaskan bisnis. Web perlu karena konsumen ingin mengetahui informasi lebih lanjut," kata Mark.

3. Berkreasilah
"Instagram adalah platform visual. Ingat, orang yang kita capai bukan hanya konsumen, tapi manusia, untuk melihat visual yang keren, visual harus banyak berbicara dengan mereka seakan teman mereka," ujar Mark.

"Dengan memanfaatkan format yang telah ada di Instagram seperti Instagram Stories, video, carousel, Anda dapat mencari cara sekreatif mungkin," sambung dia.

Anda dapat menghubungkan bisnis Anda dengan passion yang dimiliki para konsumen Anda. Tidak hanya itu, lewat postingan dan kata-kata yang ada pada caption, Anda dapat menggugah konsumen untuk melakukan tindakan yang menginspirasi.

4. Memahami audience
Setelah Anda mengatur profil bisnis Anda, Anda akan memiliki akses terhadap Insight, sebuah fitur yang membantu Anda untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengikut dan bagaimana performa post Anda.

Dengan Insight Anda dapat melihat jumlah reach, total impression atau jumlah post yang disimpan oleh audience Anda.

Anda juga dapat mempelajari post apa yang paling menarik bagi follower Anda sehingga Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan selera mereka.

Selain itu, Anda dapat mempelajari lebih lanjut siapa follower Anda dan kapan mereka aktif di Instagram, sehingga Anda dapat membagikan pesan yang relevan dengan mereka.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat jumlah reach, impression, balasan dan kapan seseorang keluar dari Stories Anda.

Insight dibuat dalam format visual yang mudah dimengerti. Untuk mengakses Insight, tekan ikon diagram batang yang terletak di pojok kanan atas layar. Anda dapat melihat informasi Insight setidaknya satu minggu setelah Anda menggunakan profil bisnis.

5. Promosikan postingan Anda
Jika sudah menggunakan profil bisnis, Anda dapat melakukan promosi. Fitur Promote akan mendorong jumlah website click dan pembelian produk/jasa yang Anda tawarkan.

Untuk melakukan promosi, pilih sebuah post dalam profil Instagram Anda dan tekan Promote. Tentukan tujuan bisnis Anda, lalu tambahkan tombol call-to-action yang dapat mendorong orang untuk mengunjungi website atau menelpon Anda.

Kemudian, tentukan anggaran dan durasi yang Anda inginkan untuk mempromosikan post Anda.

Terakhir, tentukan siapa target audience yang ingin Anda tuju -- Anda dapat menyesuaikan target audience Anda sendiri atau Instagram dapat memberikan saran mengenai siapa target audience yang cocok bagi Anda, sehingga dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis.

"Selain alat-alat pemasaran di Instagram, Anda juga dapat mengiklan lebih lanjut di Facebook Ads Manager," ujar Mark.