Pemkab Kotim Ajak Investor Ikut Kembangkan Pariwisata

id pemkab kotim, Johny Tangkere, Pariwisata

Pemkab Kotim Ajak Investor Ikut Kembangkan Pariwisata

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kotawaringin Timur, Johny Tangkere. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengajak investor berinvestasi di bidang pariwisata karena potensinya cukup besar untuk dikembangkan.

"Sesuai bidang kami, kami akan membantu dalam hal kemudahan dan kepastian pengurusan perizinan. Ini tentu juga akan didukung oleh instansi lainnya agar investor merasa nyaman," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kotawaringin Timur, Johny Tangkere di Sampit, Minggu.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah bertekad menjadikan daerah mereka sebagai tujuan wisata. Ini dibuktikan dengan keseriusan membangun sarana dan infrastruktur untuk mendukung pariwisata.

Langkah yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir itu mulai menunjukkan dampak positif bagi masyarakat. Dunia investasi pun mulai melirik sektor pariwisata sebagai sebuah peluang menjanjikan.

Seperti di objek wisata Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, saat ini makin banyak pengusaha yang membangun penginapan dan menyediakan wahana permainan air. Itu tidak terlepas dari semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang berlibur ke objek wisata berjarak sekitar 85 kilometer dari pusat Kota Sampit itu.

Di dalam kota, perkembangan ini terlihat dari bermunculannya tempat hiburan, rumah makan, pusat perbelanjaan dan lainnya. Perkembangan positif ini juga berdampak positif pula terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

Bagi investor, pertimbangan memutuskan berinvestasi bukan hanya melihat adanya peluang, tetapi juga faktor lainnya, salah satunya kenyamanan berinvestasi. Itulah yang ingin diwujudkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dengan memberi kemudahan, kepastian dan kenyamanan bagi investor.

"Kalau pelayanan berbelit-belit, sulit, apalagi ada embel-embel yang memberatkan pengusaha, maka mereka akan lari ke daerah lain. Semua daerah bersaing menarik investasi masuk ke daerah masing-masing, bahkan dengan kabupaten tetangga," tambah Johny.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah membentuk Forum Promosi Daerah yang beranggotakan perwakilan seluruh satuan organisasi perangkat daerah. Selain mempromosikan potensi daerah, forum ini diharapkan menjadi wadah konsultasi lengkap bagi investor yang tertarik menanamkan investasi yang di Kotawaringin Timur.

Johny menegaskan pengembangan sektor pariwisata tidak semata hanya meningkatkan objek wisata. Dukungan instansi lain sangat dibutuhkan, seperti untuk pembangunan infrastruktur jalan, fasilitas pendukung transportasi, promosi, pengembangan sumber daya manusia dan lainnya yang dapat menunjang sektor pariwisata.