Petani Kotim Perlu 2.600 Unit Traktor

id pemkab kotim, HM Taufiq Mukri, Traktor, petani kotim, Petani Kotim Perlu 2.600 Unit Traktor

Petani Kotim Perlu 2.600 Unit Traktor

Anggota DPRD RI Komisi IV Hamdani (diatas traktor) bersama petani Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng penerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan), Selasa (7/11/17). (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antara Kalteng) - Kebutuhan traktor tangan untuk pengolahan pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sangat tinggi, bahkan saat ini petani masih memerlukan sekitar 2.600 unit.

"Proposal permohonan traktor taNgan sampai menumpuk di meja saya, sampai setinggi kepala. Kami bersyukur, Pak Hamdhani (anggota Komisi IV DPR RI) setiap tahun membantu memperjuangkan traktor dengan jumlah cukup banyak. Selain itu juga ada bantuan dari pemerintah daerah," kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, I Made Dikantara di Sampit, Selasa.

Selasa siang, Dinas Pertanian bersama sejumlah kelompok tani menerima bantuan alat mesin pertanian dari pemerintah pusat yang diperjuangkan melalui program aspirasi oleh anggota Komisi IV DPR RI H Hamdhani. Penyerahan bantuan itu disaksikan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri.

Hasil pendataan, untuk memaksimal penggarapan sawah seluas 25.000 hektare di Kotawaringin Timur, diperlukan sekitar 3.031 traktor tangan. Saat ini traktor tangan yang sudah tersedia 431 unit, sehingga masih dibutuhkan 2.600 unit.

"Dulu untuk menggarap 25.000 hektare itu masih mudah karena sebagian petani ada yang menggunakan sistem bakar lahan. Sekarang ini `kan tidak boleh dan diberlakukan secara ketat, makanya traktor sangat dibutuhkan untuk mengolah lahan tanpa bakar," kata Made.

Anggota Komisi IV DPR RI, H Hamdhani menegaskan komitmennya membantu meningkatkan pertanian di Kalimantan Tengah. Ini dibuktikannya dengan menyalurkan alat mesin pertanian setiap tahun sejak 2015 lalu.

"Tahun ini saya menyalurkan 300 unit traktor tangan untuk Kalimantan Tengah, termasuk di Kotawaringin Timur. Selain itu juga ada bantuan lain berupa mesin tanam, mesin pompa air dan lainnya. Saya akan terus memperjuangkan bantuan untuk membantu petani kita," kata Hamdhani.

Legislator asal Kalimantan Tengah ini menegaskan, penyaluran bantuan dipertanggungjawabkan sesuai aturan. Kelompok tani penerima bantuan telah melalui seleksi dan penelitian sehingga dianggap layak menerima bantuan.

Hamdhani berharap bantuan alat mesin pertanian tersebut bermanfaat bagi petani. Dia mengaku salut terhadap perkembangan pertanian di Kotawaringin Timur.

Bahkan, petani di kabupaten ini sudah ada yang mampu panen tiga kali dalam satu tahun.

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri berterima kasih atas bantuan Hamdhani yang selama ini konsisten memperjuangkan bantuan pertanian untuk petani di Kotawaringin Timur. Dia berharap perhatian ini terus berlanjut karena masih banyak bantuan yang dibutuhkan petani.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Kita minta 22 unit trator tangan, dikasih 35 unit. Total ada 70 jenis bantuan, di antaranya lima traktor roda empat," kata Taufiq.

Taufiq mengatakan, Kotawaringin Timur memiliki lahan pertanian yang masih cukup luas, namun belum digarap maksimal. Bantuan alat mesin pertanian masih sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan menggarap pertanian.