Jokowi Mantu Tukang Becak Solo Kebagian Berkah

id Presiden, Jokowi, Jokowi Mantu

Jokowi Mantu Tukang Becak Solo Kebagian Berkah

Tamu undangan menaiki becak menuju ke lokasi acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017). Selain mobil dan bus, sebagian tamu menggunakan becak untuk menuju ke tempat acara pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasutio

Solo (Antara Kalteng) - Sejumlah tukang becak di kawasan Kota Solo merasakan berkah digelarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, di Graha Saba Buana Sumber Jawa Tengah, Rabu.

Puluhan tukang becak dengan mengenakan seragam baju batik terlihat mondar mandir mengantarkan para tamu undangan dari Lapangan Banyuanyar menuju Graha Saba Buana Sumber atau tempat acara resepsi Kahiyang-Bobby.

Para tamu undangan yang menghadiri acara resepsi terlihat asyik menikmati angkutan becak dari tempat kantung parkir di lapangan Banyuanyar hingga Graha Saba.

Menurut Joko Pramono (60), salah seorang tukang becak yang melayani para tamu undangan, ada 50 becak yang siap melayani tamu Pak Jokowi dari lapangan Banyuanyar ke Graha Saba atau sebaliknya. 

Menurut Pramono ide becak untuk membawa para tamu tersebut datang dari Pak Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo, guna memudahkan transportasi menuju gedung pertemuan.

"Pak Jokowi mantu ini, saya ikut kebagian berkah. Saya melayani para tamu itu, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB," kata Pramono.

Menurut dia, setelah selesai resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby, akan dikumpulkan semua oleh Wali Kota di Balai Kota Surakarta untuk makan jenang sumsum (sumsuman). Adat Jawa setelah mempunyai hajatan biasanya mereka membagikan jenang sumsum untuk menghilangkan lelah setelah bekerja selama hajatan.

Menurut koordinator Forum Komunikasi Keluarga Becak Solo Sarti Ahmad partisipasi tukang becak mengantarkan tamu undangan merupakan wujud mangayubagyo atau turut berbahagia atas pernikahan putri Presiden Jokowi. 

Para tukang becak tersebut turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan acara karena Presiden Jokowi telah dikenal luas sebagai pribadi yang baik, sederhana, dan dekat dengan rakyat termasuk tukang becak.

Tukang becak yang membawa dan mengantarkan tamu undangan dari Jokowi, tidak menarik biaya atau gratis, tetapi mereka tidak menolak jika diberikan tip dari para tamu.

Para tukang becak tersebut sudah melakukan persiapan sejak jauh hari dengan menjalani pemeriksaan kesehatan di kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta, sehingga mereka dalam kondisi sehat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno tukang becak tersebut sengaja disiapkan untuk mengantarkan tamu undangan dari titik parkir kendaraan di Lapangan Banyuanyar menuju tempat resepsi pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Solo. 

"Kami melihat ternyata banyak tamu yang berminat menggunakan becak untuk transportasi menuju gedung pertemuan," katanya.