Warga Pedalaman Barut Bisa Nikmati Air Bersih

id Bupati Barut, Nadalsyah, Air Bersih, SPAM

Warga Pedalaman Barut Bisa Nikmati Air Bersih

Bupati Barito Utara Nadalsyah disambut potong pantan saat meresmikan IKK Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Rabu. (Foto Diskominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah meresmikan beroperasinya sistem penyediaan air minum unit instalasi kota kecamatan Lampeong Kecamatan Gunun Purei berkapasitas 10 liter per detik.

"Beroperasinya SPAM pada unit instalasi kota kecamatan Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei akan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya seluruh warga masyarakat di kecamatan ini," kata Bupati Nadalsyah di Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Rabu.

Menurut Nadalsyah pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pihak baik itu di lingkup Pemkab Barito Utara sendiri, tingkat provinsi maupun tingkat pusat atas kerjasama dan dukungannya sehingga pembangunan sistem penyediaan air minum ini dapat terwujud.

Pembangunan SPAM merupakan upaya strategis dalam pembangunan terutama dalam memenuhi salah satu kebutuhan dasar manusia, yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupannya.

"Untuk memenuhi hal tersebut, maka dibangunlah peningkatan sarana sistem penyediaan air minum yang pengelolaanya ditangani oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Barito Utara, untuk masyarakat di Kecamatan Gunung Purei," katanya.

SPAM IKK Lampeong Kecamatan Gunung Purei ini menggunakan bahan baku airnya melalui Sungai Teweh (anak Sungai Barito) yang merupakan kecamatan paling pedalaman yang berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Nadalsyah mengatakan PDAM Barito Utara sebagai badan usaha milik daerah secara terus menerur dituntut untuk meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat dan ditutuntut untuk meningkatkan kinerjanya menuju perusahaan air minum yang sehat dan mandiri dengan standar cakupan pelayanan nasional.

"Untuk di tahun 2018 gambarannya adalah sebesar 80 persen untuk wilayah perkotaan dan 65 untuk wilayah perdesaan," kata Bupati yang akrab disapa H Koyem ini.

Telah dibangunnya sarana sistem penyediaan air minum di Kecamatan Gunung Purei ini Bupati Nadalsyah atas nama pemerintah Kabupaten Barito Utara mengharapkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat, pihak kecamatan didampingi unsur tripika dan PDAM agar nantinya dapat bersama-sama memanfaatkan, menjaga dan memelihara sarana sistem penyediaan air yang telah dibangun ini dengan sebaik-baiknya.

"Sehingga selalu dapat memberikan manfaat sesuai tujuan dibangunnya sarana sistem penyediaan air minum ini," ujar Nadalsyah.