Bupati Harapkan Kaukus Parlemen Peremuan Gumas Berkontribusi Lebih

id kaukus perempuan parlemen gumas, KPP gumas, KPP kalteng

Bupati Harapkan Kaukus Parlemen Peremuan Gumas Berkontribusi Lebih

Ketua KPP Provinsi Kalteng Andina Theresia Narang saat melantik dan mengukuhkan Pengurus KPP Kabupaten Gumas, Kamis siang (8/11/17) di Kantor DPRD Gumas. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Kaukus Parlemen Perempuan (KPP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) masa bakti Tahun 2017 - 2019 resmi terbentuk, yang ditandai dengan pelantikan yang dilakukan oleh Ketua KPP Provinsi Kalteng, Andina Theresia Narang pada Kamis (8/11/17) di Kantor DPRD Gumas.

Atas pelantikan tersebut, Bupati Kabupaten Gumas Arton S Dohong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekda Ambo Djabar mengharapkan KPP dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam hal mewujudkan peran yang nyata bagi perempuan.

"Untuk ikut membangun Kabupaten Gumas dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya dan khususnya politik yang searah dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas," harapnya.

Ketua KPP Provinsi Kalteng, Andina Theresia Narang menjelaskan, KPP beranggotakan anggota parlemen perempuan yang dibentuk untuk mewadahi komunikasi antar perempuan parlemen dan sekaligus untuk penguatan peran perempuan di parlemen tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

"Tujuan dibentuknya KPP adalah meningkatkan partisipasi perempuan di setiap tahapan pembangunan dan mendorong kebijakan yang berpihak pada perempuan di Kabupaten Gunung Mas," jelasnya.

Sementara itu Ketua KPP Kabupaten Gumas, Lily Rusnikasi mengatakan, dengan sudah dilantiknya KPP Kabupaten Gumas diharapkan semakin mendorong pembangunan dan pemberdayaan perempuan, sehingga potensi dan perempuan betul-betul maju, mampu, mandiri serta bisa mempunyai daya saing yang patut diperhitungkan dalam era globalisasi ini.

Selain itu, dengan adanya KPP Gumas dapat menjadi sebuah wadah untuk meningkatkan kapasitas perempuan parlemen serta dapat membina kehidupan kaum perempuan di Kabupaten Gumas, khususnya memberikan pendampingan atas Kekerasan Rumah Tangga (KDRT) dan RT bermasalah. "Nantinya juga, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada perempuan di Gunung Mas untuk tidak takut masuk dalam dunia politik," tandasnya.

Pewarta :
Editor : Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar