Mantab! Pemkot Buka Layanan Pengaduan Infrastruktur Lewat "Whatsapp"

id Palangka Raya, Pemkot Palangka Raya, Dinas Pekerjaan Umum, Infrastruktur

Mantab! Pemkot Buka Layanan Pengaduan Infrastruktur Lewat  "Whatsapp"

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya, meluncurkan program "flash team, hot line center" yang bertugas melayani pengaduan dan informasi masyarakat terkait kerusakan infrastruktur melalui telpon dan aplikasi "Whatsapp".(Foto Antar

Palangka Raya, (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palaangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah meluncurkan program "flash team, hot line center" yang bertugas melayani pengaduan dan informasi masyarakat terkait kerusakan infrastruktur melalui telpon dan aplikasi "Whatsapp".

"Program ini kami luncurkan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat terkhusus terkait kerusakan jalan dan jembatan," kata Kasi Praservasi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya, Sahrimbudin di Palangka Raya, Kamis.

Pria penggagas program pengaduan ini menerangkan bahwa masyarakat yang akan mengadukan keluhan atau memberikan informasi kerusakan jalan dan jembatan dapat menghubungi nomor 0812-5866-9991.

"Pengaduan ini bisa dilakukan ke nomor tersebut baik melalui telpon maupun aplikasi whatsapp," kata Sahrimbudin.

Dia mengatakan, usai masyarakat melakukan pengaduan melalui "hot line" tersebut, tim terpadu akan melakukan pengecekan ke lapangan guna mendapatkan data kerusakan jalan maupun jembatan.

Jika usai dilakukan pengecekan, kerusakan jalan atau jembatan masih dibawah enam persen maka pihaknya dapat langsung melakukan perbaikan menggunakan dana pemeliharaan.

Namun, ketika kerusakan di atas enam persen maka perbaikan dapat dilakukan pada tahun anggaran mendatang sehingga data tersebut dijadikan acuan program pembangunan dari Dinas PU dan Penataan Ruang.

"Meskipun kita belum bisa langsung melakukan perbaikan, pengaduan masyarakat tersebut akan kita jadikan bahan pemetaan dan data kerusakan jalan dan jembatan. Pendaduan itu juga kita jadikan data base dasar perencanaan program pembangunan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Palangka Raya, Hari Maihadi meminta program tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

"Memang untuk tahun ini, terkait program tersebut kita belum ada anggaran. Namun tahun depan terobosan program ini akan kita anggarkan," katanya.