Panwaslu Seruyan Lantik 30 Anggota Panwascam

id Panwaslu Seruyan, Umar Zahid Bustomi, panwascam

Panwaslu Seruyan Lantik 30 Anggota Panwascam

Logo Panwaslu. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, melantik 30 anggota pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam) untuk masa bakti 2018 hingga 2019.

"Sebanyak 30 anggota Panwascam yang dilantik merupakan hasil seleksi yang telah kita lakukan pada September 2017 lalu," kata Ketua Panwaslu Seruyan Umar Zahid Bustomi di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan, 30 Panwascam yang ditempatkan di sepuluh kecamatan akan bertugas mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden 2019.

"Kita berharap Panwascam yang baru dilantik dapat bertugas dengan baik sesuai kewenangan masing-masing," katanya.

Ia menegaskan, Panwascam yang sudah dilantik akan menjadi perpanjangan tangan untuk mengkonsolidasikan berbagai tugas dan kewenangan Panwaslu di tingkat kecamatan, yang saat ini tugas Panwaslu tidak hanya sebatas pemantau namun bisa melakukan tindakan dalam pelanggaran dan pengambil keputusan sengketa pemilu.

"Jadi kita bukan hanya mengeluarkan rekomendasi tapi juga keputusan yang harus diikuti dan ditaati semu pihak. Karena itu dengan dukungan dari Panwascam kita ingin menciptakan pemilu yang adil dan berintegritas," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengharapkan Panwaslu beserta anggota Panwascam bisa menebarkan semangat jujur, adil dan bersih dalam menjalankan tugasnya sehingga mendorong terpilihnya pemimpin yang memiliki kapasitas dan berkualitas.

Kemudian, Panwaslu bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus aktif mensosialisasikan berbagai aturan kepada partai politik untuk mencegah terjadinya berbagai pelanggaran saat pelaksanaan pemilu.

"Ada KPU, ada Panwaslu dan ada rakyat. Semua harus berjalan bersama agar pilkada 2018, pemilu legislatif dan pemilihan presiden 2019 berlangsung sukses dengan kualitas demokrasi yang terjamin dan terjaga dengan baik," katanya.