Semua Generasi Bersatu Lawan Penjajahan Gaya Baru

id Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Said Ismail, Penjajahan Gaya Baru

Semua Generasi Bersatu Lawan Penjajahan Gaya Baru

Wagub Kalteng Said Ismail menabur bunga ke salah satu makam di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Kota Palangka Raya, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Said Ismail mengharapkan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 menjadi momentum bagi semua generasi tua dan muda untuk bersatu padu melawan pola penjajahan gaya baru terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sekarang ini kualitas generasi muda Indonesia coba dihancurkan melalui narkoba dan ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila," kata Ismail usai Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Kota Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan penyebaran narkoba dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila itu dilakukan secara sistematis dan masif. Jadi, bagi saya ini pola penjajahan gaya baru yang perlu dilawan semua generasi Indonesia.

Orang nomor dua di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini juga mengajak seluruh rakyat Indonesia agar tetap mempertahankan empat pilar yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Anggota DPD RI periode 2014-2015 ini mengatakan upaya mempertahankan empat pilar merupakan ungkapan terimakasih sekaligus bukti bakti generasi sekarang kepada para pahlawan yang rela mati demi bebas dari penjajah dan meraih kemerdekaan.

"Kita juga harus memahami bahwa para pahlawan berjuang demi mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Hal itu juga tercantum dalam sila ke 5 Pancasila, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Ismail.

Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang yang dipimpin Wagub Kalteng turut dihadiri Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Arm M Naudi Nurdika, Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kota Palangka Raya.

Sejumlah pengurus Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalimantan Tengah juga turut hadir dalam ziarah dan ikut menaburkan bunga ke makam para pahlawan tersebut.

"Saya mengajak siapapun dan dimanapun kita berada, mari bersama-sama membalas jasa para pahlawan dengan bersatu padu mengisi kemerdekaan," demikian Ismail.