Mantap! Bupati Seruyan Promosikan Potensi Daerah ke India

id bupati seruyan, seruyan, kuala pembuang, sudarsono, India, promosikan potensi daerah ke India

Mantap! Bupati Seruyan Promosikan Potensi Daerah ke India

Bupati Seruyan Sudarsono. (Foto: IG protokol_komunikasi_seruyan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono rencananya akan mempromosikan berbagai potensi daerah kabupaten tersebut dalam kegiatan expo di New Delhi, India.

"Kita mendapat undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di India untuk memaparkan berbagai potensi daerah pada expo yang berlangsung pertengahan November 2017 di New Delhi," kata Sudarsono di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, ada banyak potensi daerah di "Bumi Gawi Hatantiring" yang bisa dipromosikan di dunia internasional. Namun, sesuai dengan permintaan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk India, potensi daerah yang dipromosikan adalah potensi daerah yang memilki nilai ekspor, bernilai ekonomi tinggi serta berbeda dari daerah lain.

"Sejumlah potensi yang rencananya akan dipromosikan dalam expo di New Delhi pada 17 November mendatang adalah rotan, limbah gaharu, sarang burung walet serta getah damar," katanya.

Menurutnya, salah satu dari potensi dipromosikan yang memiliki peluang ekonomi paling besar adalah getah damar, karena damar banyak digunakan sebagai bahan baku bermacam-macam kebutuhan industri besar seperti seperti cat, pewarna, vernis, kosmetik dan lain sebagainya.

Meski di banyak daerah getah damar sudah terbilang cukup langka atau sulit ditemukan. Namun di Seruyan dengan kondisi hutan yang masih luas potensi damar masih cukup melimpah.

Sebagian masyarakat Seruyan, khusus yang berada di Kecamatan Seruyan Hulu hingga kini masih ada yang berusaha mencari damar, dan damar yang dihasilkan sebagian besar dibeli oleh pengusaha dari Kalimantan Barat.

"Namun sejauh ini harganya tidak jelas, karena itu kita berharap berbagai potensi Seruyan yang kita promosikan mendapat respon positif dan dapat menumbuhkan minat dari investor," katanya.