Siswa Asal Lamandau Raih 2 Medali Untuk Indonesia

id almas, smp 2 nanga bulik, almas nawal Fashohah

Almas (pertama dari kiri) seusai penyerahan medali untuk lomba kategori robot sumo. (Foto Dok. Pribadi)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Almas Nawal Fashohah atau lebih akrab dipanggil Almas merupakan putra daerah Lamandau yang berasal dari Trans E. 

Setelah menamatkan pendidikan di SMP 2 Bulik, Almas bercita-cita melanjutkan sekolah di Jawa. Keinginan tersebut kemudian didukung oleh kedua orangtuanya yang bekerja sebagai pekerja kebun sawit di lingkungan tempat tinggalnya.

Selama sekolah di SMP 2 Bulik pernah tercatat sebagai salah satu siswa yang mengikuti olahraga panahan. Sehari-hari Almas membantu orangtuanya berkebun dengan ikut langsir buah di kebun maupun kegiatan lain seperti menimbang buah hasil panen. 

Pilihan Almas untuk menenruskan jenjang sekolahnya selepas SMP jatuh pada SMA Islam di Kabupaten Sleman DIY yaitu SMA I Al Azhar 9 Yogyakarta.
Pada September lalu diadakan seleksi untuk siswa yang akan mengikuti perlombaan robotik International Islamic School Robot Olympiad di Tokyo, Jepang. Dengan modal nekat Almas memberanikan mengikuti seleksi dan terpilih. Selanjutnya sejak bulan Sepember hingga November awal pelatihan terus dilakukan untuk penguasaan materi seperti bahasa pemrograman, algoritma dan bongkar pasang robot. 
Pada 10 November 2017 Almas beserta tim yang terdiri dari 5 orang siswa dan 1 orang pendamping meninggalkan Yogyakarta untuk selanjutnya terbang ke Jakarta dan Tokyo. 

Pada 11 November perlombaan digelar di Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Almas mengikuti 2 kategori lomba yaitu Robot Sumo dan Robot Humanoid, sedangkan kategori yang dilombakan pada kegiatan tersebut ada 15 kategori. 

Pada kedua kategori Almas berhasil meraih medali perunggu untuk Indonesia
Saat ini Almas masih berada di Jepang untuk mengikuti serangkaian kegiatan lainya dan akan tiba kembali ke Indonesia pada hari Kamis 16 November. Selanjutnya pada Juni medatang Almas akan mengikuti kejuaraan robot di Amerika Serikat, namun sebelum itu ia akan memperdalam pengusaan bahasa Inggris dan bahasa pemrograman.


Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar