Kotim Targetkan 3 Besar MTQ Korpri Kalteng

id Bupati kotim, H Supian Hadi, MTQ Korpri Kalteng

Bupati Kotim H Supian Hadi melantik dewan hakim MTQ III Korpri Tingkat Kabupaten Kotim, Senin (13/11/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan masuk tiga besar juara dalam Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Saat ini kan prestasi kita menurun. Mudah-mudahan nanti bisa masuk tiga besar. Kalau bisa juara umum," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Senin.

Harapan itu disampaikan Supian saat membuka MTQ III Korpri tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur. Supian yakin Korpri setempat dapat menampilkan prestasi terbaik saat MTQ Korpri tingkat provinsi pada 2018 nanti.

Menurut Supian, kemampuan kafilah Kotawaringin Timur di tingkat provinsi nantinya menjadi gambaran bagaimana pembinaan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) serta sejauh mana ketekunan aparatur sipil negara di kabupaten ini mendalami seni baca al qur`an.

Perangkat lomba yakni dewan hakim, juri dan panitera harus menjalankan tugas dengan benar. Kinerja mereka sangat mempengaruhi kualitas juara yang dihasilkan nanti.

"Kalau perlu, wakil Kalimantan Tengah sebagian besar berasal dari Kotawaringin Timur. Untuk MTQ Korpri berikutnya, kita libatkan instansi vertikal karena siapa tahu ternyata banyak bakat yang luar biasa dari mereka," kata Supian.

Ketua Panitia MTQ III Korpri Kotawaringin Timur, H Sanggul Lumban Gaol mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini merupakan sarana seleksi untuk mencari qari dan qariah serta hafiz dan hafizah terbaik. Mereka nantinya akan dibina dan dipersiapkan mewakili Kotawaringin Timur dalam MTQ Korpri tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Ada 46 peserta yang mendaftar, lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 30 orang. Enam cabang yang diperlombakan adalah tartil, tilawah, hifzil qur`an 3 juz, 5 juz dan 10 juz, khat dekorasi, khat kontemporer dan dakwah.

"Pemenang akan dibina ahli untuk persiapan mengikuti MTQ Korpri tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Mudah-mudahan nanti mampu berprestasi," harap Sanggul.

Harapan yang sama diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur H Samsudin. Bahkan dia berharap Kotawaringin Timur mampu menjadi juara umum MTQ Korpri tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Tahun 2014 kita di posisi 4, juara umumnya Kabupaten Kotawaringin Barat. Tahun 2016 Kotawaringin Barat kembali juara umum, sedangkan posisi kita tidak disebutkan. Untuk tingkat nasional di Aceh saat itu, Kalimantan Tengah menempati posisi 9 dari 34 provinsi. Mudah-mudahan tahun 2018 nanti Kotawaringin Timur mampu berprestasi," harap Samsudin.

Selain berprestasi dalam MTQ, hal yang terpenting adalah lebih mencintai al qur`an karena menjadi sumber kehidupan. Setiap orang harus mengimplementasikan kandungan al qur`an, terlebih bagi Korpri selaku pelayan masyarakat.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar