Petani Lamandau Kembali Dapat Bantuan Alsintan

id alsintan lamandau, wabup lamandau, sugiyarto

Wakil Bupati Lamandau H. Sugiyarto pada saat menyerahkan secara simbolis Kick Stater Alsintan kepada perwakilan kelompok tani (Poktan), di Nanga Bulik, Selasa (14/11/17). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Sebanyak 10 kelompok tani di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun ini kembali mendapat bantuan alat dan mesin pertanian berupa lima unit traktor, 10 unit pompa air, dua unit pengolahan pupuk organik, dan tiga unit armada transportasi.

Bantuan Alsintan dari Pemerintah Pusat ini harapannya dapat semakin memudahkan para petani dalam meningkatkan produksi padi dan kesejahteraannya, kata Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto saat penyerahan alsintan di Nanga Bulik, Selasa.

"Kami berharap bantuan Alsintan ini dapat membuat swasembada pangan, mampu menyerap tenaga kerja serta kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamandau semakin meningkat," ucapnya.

Orang nomor dua di Kabupaten yang berjuluk" Bumi Bahaum Bakuba" ini menyebut, salah satu strategi untuk meningkatkan produksi adalah dengan cara menyempurnakan manajemen teknis yang diantaranya adalah percepatan pengolahan tanah.

Dia mengatakan melalui pemanfaatan Alsintan yang memiliki peranan penting dalam upaya pencapaian Swasembada pangan dikarenakan dengan penerapan Alsintan dalam kegiatan usaha pertanian dapat memberikan mutu hasil yang lebih baik lagi.

"Pemanfaatan Alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian yang banyak terjadi di daerah. Jadi, kita sangat berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan bantuan Alsintan ini," kata Sugiyarto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Distanakan) Kabupaten Lamandau H Sunarto dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah pada tahu 2017 ini kembali menggulirkan program bantuan Alsintan berupa traktor roda dua dan pompa air melalui sumber dana APBN tahun anggaran 2017.

Dia mengatakan kebijakan pemberian bantuan Alsintan yang diambil oleh pemerintah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanam pangan dan kesejahteraan masyarakat tani.

"Kita berharap dengan peningkatan produksi tanaman pangan kedepannya akan dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk pangan dari negeri. Upaya percepatan pengolahan tanah dan penyediaan air irigasi sekaligus untuk mendukung tanam serentak harus terus menerus akan kita sosialisasikan kepada para petani, " demikian Sunarto.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar