Pengukuhan Kawasan Hutan Kotim Dijanjikan Segera Direalisasikan

id sampit, kotim, Kawasan Hutan Kotim, Bupati H Supian Hadi

Pengukuhan Kawasan Hutan Kotim Dijanjikan Segera Direalisasikan

Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi. (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Sampit (Antara) - Pemerintah pusat kembali memberi janji kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, terkait pengukuhan kawasan hutan akan segera direalisasikan sesuai usulan yang disampaikan.

"Dalam November ini insya Allah selesai pengukuhan. Rabu nanti pemasangan patok pengukuhan di Lempuyang, berarti sudah disetujui dan berarti tidak ada lagi kendala status kawasan," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Selama ini upaya percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan pencetakan sawah, terhambat akibat sebagian lahan yang dicadangkan dinyatakan masuk kawasan hutan. Akibatnya dana yang sudah dialokasikan terpaksa dialihkan untuk kegiatan lain.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengalokasikan anggaran tersebut karena saat itu pemerintah pusat beberapa kali menjanjikan bahwa pengukuhan kawasan segera direalisasikan, namun ternyata belum juga terlaksana. Tim dari DPRD Kotawaringin Timur juga sudah beberapa kali ikut memperjuangkan masalah ini di tingkat pusat, namun ternyata belum juga terwujud.

Pemerintah daerah tidak berani memaksakan pembangunan di lahan yang statusnya masih kawasan hutan. Jika dipaksakan maka akan melanggar hukum dan menimbulkan konsekuensi secara hukum.

Pemerintah harus mendapatkan izin pemanfaatan kawasan itu melalui izin pengukuhan kawasan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Namun ternyata prosesnya tidak semudah yang dibayangkan, terbukti belum dikabulkannya usulan yang sudah disampaikan sejak beberapa tahun terakhir.

Kini pemerintah pusat kembali menjanjikan merealisasikan pengukuhan kawasan tersebut dalam bulan ini. Kabar ini disambut gembira dan diharapkan benar-benar terealisasi sesuai harapan.

"Kami sangat berharap pengukuhan ini segera terlaksana. Ini hasil kerja keras tim yang dipimpin Pak Sanggul (Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H Sanggul Lumban Gaol). Tiap minggu beliau menanyakan perkembangannya. Tahun depan multiyears bisa jalan dan tidak ada kendala lagi," kata Supian.

Supian menegaskan, pihaknya akan terus bekerja keras membangun infrastruktur di seluruh wilayah, khususnya kawasan pedalaman. Meski ini merupakan periode dirinya bersama Wakil Bupati HM Taufiq Mukri memimpin Kotawaringin Timur, namun tidak membuat kendor semangat dalam membangun.