Masyarakat Berperan Penting Wujudkan Germas, Kata Wabup Bartim

id germas, wabup bartim, hari kesehatan

Masyarakat Berperan Penting Wujudkan Germas, Kata Wabup Bartim

Wakil Bupati Bartim H Suriansyah bersama Sekda Eskop, Kadis Kesehatan dr Simon Biring, Direktur RSUD Tamiang Layang dr Jimmi Hutagalung dan jajaran kesehatan lainnya saat pencanangan Germas di Bartim usai peringatan hari kesehatan nasional ke 53, Jum

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah H Suriansyah SKM meminta masyarakat berperan aktif dalam mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 yang dilaksanakan di halaman Pemkab Bartim, Jumat, Suriansyah mengatakan, mewujudkan pembangunan kesehatan merupakan amanah konstitusi sebagaimana Undang Undang nomor 36 tahun 2009 yang ditindaklanjuti Permenkes nomor 36 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningjatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam Permenkes nomor 43 tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan, ada 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan kabupaten/Kota yang pencapaiannya harus 100 persen.

Dari 12 indikator tersebut, hanya ada empat indikator keluarga sehat yang terkait dengan SPM yakni tidak merokok, jamban sehat, akses air bersih dan Jaminan Kesehatan Negara (JKN).

"Oleh karena itu semua, masyarakat diajak untuk berperan aktif dalam Germas agar masyarakat berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya membentuk Indonesia yang kuat," kata H Suriansah. 

Lanjut mantan Direktur RSUD Tamiang Layang itu menjelaskan program melalui pendekatan masyarakat akan menjadikan masyarakat sehat menuju Indonesia kuat.