Indonesia Kandas dari Tim Nasional U-23 Suriah

id timnas U-23 Suriah, Indonesia Kandas dari tim Nasional U-23 Suriah

Indonesia Kandas dari Tim Nasional U-23 Suriah

Pemain Timnas U-23 Indonesia, Ilham Armayn (kiri), memegang kepala penjaga gawang Timnas U-23 Suriah, Yazen Ourabi, dalam pertandingan persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Jawa Barat, Kamis (16/11/17). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Cikarang, Jawa Barat (Antara Kalteng) - Tim nasional Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari tim nasional U-23 Suriah dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu.

Gol timnas U-23 dalam laga tersebut dicetak Mouhamad Anez di menit ke-84.

Menurunkan seluruh pemain senior yang dipanggil termasuk Ilija Spasojevic, yang memainkan laga perdananya bersama tim nasional, Indonesia sebenarnya menguasai bola di awal-awal pertandingan. 

Namun, justru Indonesia yang tertekan di menit kesembilan. Tendangan tepat ke arah gawang oleh pemain timnas U-23 Suriah berhasil diamankan oleh kiper Andritany Ardhiyasa.

Indonesia sendiri banyak menekan lawan dari sisi sayap kanan-kiri yang diisi oleh Andik Vermansyah dan Febri Hariyadi.

Strategi melebar ini sempat hampir menghasilkan gol ketika sundulan Febri hasil umpang silang dari sisi kanan Indonesia menyamping di kanan gawang di menit ke-28.

Sembilan menit setelahnya, Andik Vermansyah yang mengobrak-abrik pertahanan U-23 Suriah dengan kelincahannya sukses mengirimkan umpan tarik ke Boaz Solossa yang berdiri bebas di kotak penalti. 

Akan tetapi, tendangan penyerang Persipura Jayapura itu melayang di atas gawang Suriah yang dikawal Mhd. Yazen Ourabi.

Peluang terbaik Indonesia datang di menit ke-45+1 saat tendangan bebas Andik dari sisi kiri Indonesia menciptakan kemelut di depan gawang Suriah. Sayangnya, para pemain Indonesia di depan gawang Suriah gagal menguasai bola dengan baik.

Skor 0-0 pun bertahan sampai wasit Ngo Duy Lan asal Vietnam meniup peluit tanda selesainya babak pertama. 

Di babak kedua, Indonesia membuat peluang di menit ke-60 melalui sundulan Ahmad Jufrianto yang melambung tinggi di atas mistar gawang lawan.

Kesempatan emas Indonesia datang kembali di menit ke-67 melalui Febri Hariyadi yang mendapatkan ruang terbuka di kotak penalti lawan. Namun, tendangan kaki pemain Persib Bandung itu masih melebar.

Timnas Suriah yang terus berupaya membuat gol akhirnya bisa menjebol gawang Indonesia di menit ke-84 setelah tendangan Mouhamad Anez meluncur mulus tanpa bisa diantisipasi Andritany Ardhiyasa.

Skor 1-0 membuat Indonesia tersengat, tetapi dua serangan di akhir pertandingan tidak berhasil menghasilkan gol. 

Hasil ini membuat Indonesia dua kali takluk dari timnas U-23 Suriah dalam laga uji coba. Sebelum kekalahan ini, dalam laga yang digelar Kamis (16/11), timnas U-23 Indonesia juga dikalahkan dengan skor 2-3. 

Di laga persahabatan berikutnya, tim nasional senior Indonesia akan berhadapan dengan timnas Guyana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (25/11), mulai pukul 18.30 WIB.