Bupati Kapuas Kukuhkan Kokam, Hisbul Wathon Dan FGM

id kokam kapuas, hisbul wathon kapuas, bupati kapuas

Bupati Kapuas Kukuhkan Kokam, Hisbul Wathon Dan FGM

Bupati Kapuas saat pengukuhan Kokam, Hisbul Wathon dan FGM pada Sabtu (18/11/17) sore. (Foto Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengukuhkan pengurus Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam), Kwartir Daerah Pergerakan Kepanduan Hisbul Wathon (HW) dan Forum Guru Muhammadiyah (FGM) yang berlangsung di halaman sekolah Perguruan Muhammadiyah Jalan Barito, Sabtu (18/11) sore. 

Pengukuhan dilakukan setelah Bupati mendapat kehormatan sebagai Pembina Kokam ditandai dengan pemasangan jaket dan baret merah oleh Ketua PD Muhammadiyah Kapuas H Masrani.

Acara yang juga dihadiri Ketua Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan HW Kalteng, Orhan tersebut diikuti 94 peserta dari perutusan Unsur PD Muhammadiyah Kapuas, Aisiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisiyah, 6 Pimpinan Cabang dan 2 Pimpinan Ranting se Kabupaten Kapuas. 

Ketua panitia Dr Soewarno Muriyat dalam laporannya menjelaskan bahwa Rakerda yang berlangsung sejak pagi hingga petang itu diikuti pula Kokam, HW, Perguruan Tapak Suci, Kepala SD, SMP dan SMA Muhammadiyah serta Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah lainnya.

Disebutkan pula bahwa sepanjang tahun 2018 Muhammadiyah Kapuas dengan 8 majelis beserta seluruh ortomnya akan melaksanakan 32 program prioritas sebagai wujud amal ma'ruf nahi munkar, diantaranya pengajian rutin, pelatihan dan pembentukan korps mubaligh, penguatan manajemen pengelolaan masjid, sekolah dan panti asuhan, posyandu dan klinik. 

Selain itu penerbitan buletin setiap Jumat, penataan aset dan ekonomi persyarikatan diantaranya pemasaran beras, selai nanas, singkong dan usaha kreatif warga melalui Badan Usaha Milik Muhammadiyah.

Ketua PD Muhammadiyah Kapuas Drs H Masrani menyatakan rasa terima kasihnya kepada Bupati Kapuas yang telah memberikan bantuan kepada organisasi yang dipimpinnya. 

"Bantuan dari Bapak Bupati Kapuas telah kami manfaatkan untuk dakwah ke cabang dan ranting serta pengembangan usaha Muhammadiyah bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Insyaallah bantuan dari Bapak tidak akan habis, justru akan semakin berkembang melalui usaha produktif ekonomi ummat dan amal usaha lainnya," ucap Masrani.

Masrani yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas ini menegaskan secara organisatoris sejak pusat hingga ranting Muhammadiyah tidak berpolitik praktis, tetapi secara person merupakan pribadi yang bisa menilai dan menentukan pilihannya masing-masing.

"Siapapun Bupati Kapuas selama beliau menjalankan program demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat akan kami dukung tanpa pandang latar belakang suku, agama, ras dan golongan. Tetapi jika sebaliknya, Muhammadiyah tidak segan-segan untuk memberi kritikan, saran dan pendapat demi kemaslahatan ummat," ucap H Masrani.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat secara pribadi dan atas nama Pemkab Kapuas mengucapkan selamat mengemban amanah organisasi baik sebagai anggota Kokam, HW maupun FGM, kerja nyata dinantikan demi Kabupaten Kapuas yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

"Saya tahu Muhammadiyah sangat aktif menggerakkan seluruh amal usahanya diantaranya koperasi, panti asuhan demi kemaslahatan ummat. Dalam dunia pendidikan sejak TK/PAUD hingga perguruan tinggi tanpa pandang latar belakang agama dicerdaskan oleh Muhammadiyah, juga rumah sakit atau klinik kesehatan, siapapun yang datang berobat akan dilayani sampai sembuh," ucap Ben Brahim yang di akhir acara nampak kagum saat menyaksikan atraksi pencak silat dari Tapak suci Muhamadiyah dan Kokam Kapuas.