Dirjen Kemendes-PDT Kunjungi Desa Bungai Jaya

id kemendes-PDT, desa bungai jaya

Dirjen Kemendes-PDT Kunjungi Desa Bungai Jaya

Sesi dialog Dirjen Kemdes dengan para para Kades se-Kabupaten Kapuas di Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang, Sabtu (18/11/17). (Foto Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) -  Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi Kabupaten Kapuas, khususnya Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang yang merupakan salah satu desa terbaik di Kabupaten Kapuas dan di tingkat nasional, mendapat kunjungan Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi Kemendes PDT & Transmigrasi RI Drs Putut Edy Sasono MSi, Sabtu (18/11/17).

Dirjen hadir bersama beberapa Direktur diantaranya Direktur Penataan Persebaran Penduduk, Direktur Bina Potensi Kawasan Transmigrasi serta Subdit TGL dan Kabag Hukum dan Ham Kemendes PDT.

Di Desa Bungai Jaya rombongan melihat dari dekat pelaksanaan program pembangunan pedesaan serta tata kelola pelaksanaan penggunaan anggaran desa serta meninjau keberadaan BUMDES Desa Bungai Jaya serta mendapatkan penjelasan langsung dari Kepala Desanya Kadiman.

Dalam arahannya saat melakukan dialog dengan seluruh camat, kepala desa serta pendamping desa se-Kabupaten Kapuas,  Dirjen menyampaikan program Kementerian Desa bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan status desa, dari yang kurang berkembang menjadi berkembang dan pada akhirnya menjadi desa mandiri.

Dikatakannya bahwa kebijakan pemerintahan desa yang harus dikembangkan dalam pembangunan desa melalui dana desa mencakup 4 program prioritas, di antaranya embung desa, Badan Usaha Milik Desa, produk unggulan desa, serta sarana dan prasarana olah raga. 

Dia juga berharap dengan semua kepala desa agar dalam pengelolaan dana desa harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya tidak bertentangan dengan hukum.

Dijelaskannya bahwa Presiden sangat konsen menganggarkan dana desa setiap tahunnya ini terbukti dengan peningkatan dana desa dari 28 Triliyun pada tahun 2015 menjadi 48 Triliyun tahun 2016 sedangkan tahun 2017 dianggarkan 120 triliun sehingga setiap satu desa diharapkan bisa menerima kurang lebih 1 miliar setiap tahunnya.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan selamat datang menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas Kunjungan Kerja Dirjen dan rombongan ke Kabupaten Kapuas, dia menyampaikan bahwa sejak dikucurkannya dana desa, rata-rata semua desa yang ada di Kabupaten Kapuas sudah mulai bergerak melaksanakan pembangunan di desa masing-masing.

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan kepada semua Kepala Desa agar dalam pelaksanaan pembangunan di desa harus memperhatikan skala prioritas dan dalam pelaksanaan pertanggungjawaban keuangannya harus dapat dilakukan dengan tertib baik fisik maupun administrasi keuangannnya. 

"Saya berharap setiap desa dapat melakukan inovasi dan kreativitas dalam penggunaan dana desa untuk kemajuan dan kemakmuran desanya," ucap Ben.

Saat itu juga orang nomor satu di Kabupaten Kapuas menitip pesan dan memohon melalui Dirjen untuk menyampaikan kepada Menteri Desa PDT & Transmigrasi agar ke depan dana desa bisa dipergunakan untuk keperluan membangun rumah ibadah mengingat kalau hanya fisik saja akan terasa kurang sehingga sangat perlu juga untuk pembangunan mental kerohanian/akhlak.