PWI Promosikan Pariwisata Kotim Melalui Kemah Jurnalistik

id PWI Kotawaringin Timur, H Andri Rizky Agustian, Kemah Jurnalistik

PWI Promosikan Pariwisata Kotim Melalui Kemah Jurnalistik

Ujung Pandaran. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membantu mempromosikan pariwisata daerah melalui kegiatan Kemah Jurnalistik 2017 pada 2-3 Desember 2017.

"Selain melaksanakan kegiatan-kegiatan berkaitan tentang jurnalistik, kami juga sekaligus ingin membantu mempromosikan pariwisata daerah, khususnya Pantai Ujung Pandaran," kata Ketua PWI Kotawaringin Timur, H Andri Rizky Agustian di Sampit, Minggu.

Kemah Jurnalistik dilaksanakan di objek wisata Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit. Kegiatan ini dihadiri utusan PWI dari seluruh kabupaten dan kota serta PWI Provinsi Kalimantan Tengah.

Berbagai kegiatan dilaksanakan di antaranya pelatihan fotografi, diskusi tentang kode etik jurnalistik dan hukum terkait pers, hipnoterapi, penanaman pohon serta pengecatan rumah nelayan. Sejumlah narasumber yang dihadirkan didatangkan dari Jakarta untuk berbagi pengalaman kepada peserta.

Panitia berharap, selain mengikuti seluruh rangkaian acara untuk menambah wawasan, peserta juga bisa menikmati wisata Pantai Ujung Pandaran dan menceritakan pengalaman mereka kepada orang lain sehingga makin banyak wisatawan yang berwisata ke Kotawaringin Timur.

Andri mendukung tekad pemerintah daerah mengembangkan pariwisata bahkan berambisi menjadikan kabupaten ini sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah. Apalagi, potensi pariwisata daerah ini juga memang sangat banyak, beragam dan bagus untuk terus dikembangkan.

Pengembangan sektor pariwisata diharapkan membawa dampak positif terhadap perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Keseriusan pemerintah daerah mengembangkan sektor pariwisata beberapa tahun terakhir, dinilai mulai membawa dampak positif bagi perekonomian.

"Yang tidak boleh dilupakan adalah promosi. Kalau promosinya tidak gencar, maka tidak banyak orang yang tahu maka sedikit wisatawan yang datang. Sesuai profesi kami, kami akan membantu mempromosikan melalui berbagai kegiatan dan pemberitaan. PWI siap bekerjasama untuk meningkatkan promosi," kata Andri.

Secara khusus, Andri mengajak wartawan di Kalimantan Tengah yang tergabung dalam PWI untuk mengikuti Kemah Jurnalistik di Pantai Ujung Pandaran. Kegiatan ini akan menyajikan suasana yang berbeda dan menyenangkan karena peserta bisa sambil berwisata.