Pemkab Barito Selatan Adakan Uji Kesesuaian Pejabat

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, Uji Kesesuaian Pejabat, Sekda Barsel, Edi Kristianto

Pemkab Barito Selatan Adakan Uji Kesesuaian Pejabat

Pejabat Tinggi Pratama eselon II B sedang mengikuti uji kelayakan yang dipandu oleh tim Asessor dari Assesment Centre Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, di Buntok, Senin (20/11/17). (Foto Antara kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan uji kesesuaian bagi pejabat tinggi pratama eselon II B di wilayah setempat.

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada saat membuka kegiatan di Buntok, Senin mengatakan uji kesesuaian itu dilakukan untuk menghasilkan database yang obyektif mengenai pejabat tinggi pratama di daerah ini.

"Job Fit tersebut dilakukan untuk menyesuaikan kualifikasi, dan kompetensi jabatan yang telah ditempati para pejabat tinggi pratama eselon II B selama ini," ucapnya.

Menurut dia, pihaknya sangat memerlukan kualifikasi, dan kompetensi sumber daya aparatur perangkat daerah yang secara spesifik harus diawali dengan kepala perangkat daerah itu sendiri.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini lanjut dia, diharapkan mereka nantinya bisa menjabarkan, dan mewujudkan rencana strategis pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangun Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun mendatang.

Untuk itu ia meminta kepada pejabat tinggi pratama di wilayah setempat agar mengikuti uji kesesuaian tersebut dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan itu bukanlah formalitas belaka.

"Kerahkan segala kemampuan dalam mengikuti job fit ini. Tumbuhkan daya juang, dan semangat bersaing secara sehat, bersaing terhadap rasa malas serta daya pikir yang miskin kreasi, dan inovasi pada diri sendiri," kata dia.

Sementara Sekda Barsel, Edi Kristianto menyampaikan, bahwa kegiatan uji kesesuaian ini akan dilaksanakan selama enam hari, dan tim asessornya dari assesment centre Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP).

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kesesuaian antara kualifikasi, dan kompetensi para pejabat tinggi pratama eselon II B dalam mendukung pencapaian visi, misi pembangunan Barito Selatan lima tahun mendatang," tambah dia.

Melalui kegiatan ini juga lanjut dia, pihaknya ingin mengetahui sejauhmana integritas serta kepedulian pejabat terhadap kegiatan pembangunan yang telah berjalan selama ini, dan yang akan dilaksanakan kedepannya.

Acara uji kesesuaian (Job Fit) para pejabat tinggi pratama eselon II B yang dilaksanakan selama enam hari tersebut berlangsung di aula gedung serba guna kantor Bupati Barito Selatan.

Adapun panitia seleksi uji kesesuaian itu diketuai Ir.H.Syahrin Daulay,M.Eng,Sc yang merupakan pejabat Widyaswara Ahli Utama, dan untuk anggotanya terdiri dari Dr.H.Surianyah Murhani,SH,MH (Dosen Universitas Palangka Raya).

Kemudian, DR. H Ibnu Elmi A. S Pelu, SH, MH (Rektor IAIN Palangka Raya), DR. H. Bulkani, M. Pd (Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya), dan drh. H. I Ketut Widhie Wirawan, SH, MM (Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng).