Legislator Minta Disbudpar Palangka Raya Manfaatkan IT Promosi Wisata Palangka Raya

id DPRD Kota Palangka Raya, Rusliansyah, Promosi Wisata Palangka Raya

Legislator Minta Disbudpar Palangka Raya Manfaatkan IT Promosi Wisata Palangka Raya

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusliansyah (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Legislator DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rusliansyah,MAP meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan promosi pariwisata di daerah setempat.

"Perkembangan informasi teknologi yang semakin maju dan bersifat global harus bisa dimanfaatkan Disbudpar dalam pemasaran pariwisata," katanya di Palangka Raya, Senin.

Menurut Ketua Komisi C DPRD "Kota Cantik" Palangka Raya ini, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisata ke suatu daerah.

"Melalui media massa yang jangkauannya bahkan bisa mencapai dunia akan penting dan efektif dalam mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah kita," katanya.

Untuk itu, dia meminta agar Disbudpar dapat secara konsisten dan berkelanjutan mempromosikan potensi wisata melalui media sosial yang terus berkembang serta memiliki jangkauan luas.

Di sisi lain, dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Palangka Raya, pemerintah kota dinilai perlu agenda rutin tahunan terkait kepariwisataan.

Terlebih lagi, agenda rutin ini juga telah dilaksanakan oleh beberapa daerah lain seperti mengadakan agenda tour de Singkarak dan jember fashion carnaval serta agenda rutin di daerah lain dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan.

Di sisi lain, Rusli juga meminta para pelaku usaha khususnya bidang industri jasa seperti hotel, restoran, tempat hiburan, pramuwisata, agen perjalanan, dan objek wisata menerapkan standar usaha pariwisata.

Penerapan standar ini untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Palangka Raya sebagai kota wisata dan untuk memberikan jaminan keamanan dan kualitas pelayanan terhadap para wisatawan yang berkunjung.

Politisi Golkar ini juga meminta pemeritah kota melakukan pengawasan dan memastikan para pelaku industri jasa menerapkan standar usaha pariwisata tersebut.