Legislator Apresiasi Pelayanan RSUD Kuala Pembuang

id DPRD Seruyan, M Erwin Toha, RSUD Kuala Pembuang

Legislator Apresiasi Pelayanan RSUD Kuala Pembuang

DPRD Kabupaten Seruyan. (bhayangkarautama.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Erwin Toha mengapresiasi pelayanan terhadap pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Pembuang yang semakin baik.

"Kita mengapresiasi berbagai terobosan yang dilakukan RSUD Kuala Pembuang yang membuat pelayanan bagi pasien semakin baik," ucapnya di Kuala Pembuang, Selasa.

Politisi Partai Nasdem ini mengatakan, semakin baiknya pelayanan terlihat dari waktu penanganan pasien yang semakin cepat ditunjang oleh jumlah dokter spesialis dan fasilitas kesehatan serta obat-obatan yang cukup lengkap.

Kemudian, keluhan-keluhan terkait pelayanan pasien juga hampir tidak ada lagi. Berbeda dengan sebelumnya, DPRD sering menerima keluhan masyarakat mengenai buruknya pelayanan RSUD Kuala Pembuang, khususnya masalah keterlambatan penanganan pasien sehingga banyak masyarakat yang memilih berobat ke daerah lain.

"Karena itu, kita berharap pelayanan yang sudah bagus ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan agar kepercayaan masyarakat terhadap RSUD juga semakin baik," katanya.

Sementara, Direktur RSUD Kuala Pembuang dr Reson Rusdianto mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien, salah satunya dengan menerapkan pelayanan cepat dan mudah bersamaan operasional instalasi gawat darurat yang terintegrasi dengan seluruh poli.

Selain membenahi berbagai fasilitas rumah sakit, manajemen RSUD Kuala Pembuang juga akan berupaya menambah jumlah tenaga medis, khususnya dokter sesuai dengan tuntutan serta kebutuhan masyarakat.

Saat ini, RSUD Kuala Pembuang sudah memiliki tujuh dokter spesialis yakni dokter spesialis penyakit dalam, dokter kandungan, dokter spesialis anak, dokter spesialis anestesi, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, dokter spesialis bedah dan dokter spesialis jiwa.

"Lalu ditambah empat orang dokter umum sehingga pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain mulai berkurang," katanya.

Menurutnya, tingkat kepercayaan masyarakat pelayanan terhadap kesehatan di RSUD Kuala Pembuang sudah semakin baik. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pasien, khususnya untuk pasien rawat inap yang perharinya mencapai 30 orang.

"Kemudian, RSUD Kuala Pembuang sudah sering melakukan tindakan operasi hingga sepuluh kali per hari, termasuk di antaranya operasi caesar," katanya.