Legislator Kotim Minta Pembentukan Regu Damkar Kecamatan

id DRPD Kotawaringin Timur, DPRD Kotim, Sutik, Regu Damkar Kecamatan

Legislator Kotim Minta Pembentukan Regu Damkar Kecamatan

Logo DPRD. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Anggota Komisi III DRPD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sutik minta pemerintah kabupaten setempat untuk membentuk regu pemadam kebakaran di setiap wilayah kecamatan.

"Regu pemadam kebakaran kecamatan sangat penting, sebab aset pemerintah seperti bangunan di kecamatan sangat banyak dan perlu pengamanan, selain untuk melindungi masyarakat dari ancaman kebakaran," ucapnya di Sampit, Rabu.

Padahal sejumlah peralatan di beberapa kecamatan telah di sediakan, namun tenaga yang mengopersikan masih belum ada, untuk itu perlu adanya regu yang di tempatkan di wilayah kecamatan yang telah ada peralatan Damkar.

Dia juga menegaskan jika pemadam kebakaran di daerah utara seperti Kecamatan Parenggean sangat diperlukan, apalagi disitu ada rumah sakit dan pasar serta pemukiman dengan tingkat penduduk yang snagat padat.

Perlu kita antisipasi hal yang sifatnya membahayakan, karena bagaimanapun ketersediaan pemadam kebakaran baik itu di wilayah utara dan selatan Kabupaten Kotawaringin Timur wajib mendapat peelindungan," katanya.

Lebih lanjut Sutik mengatakan, paling tidak ada satu regu yang di tempatkan di qilayah kecamatab.

Petugas yang akan di tempatkan di wilayah kecamatan hendaknya merekrut warga setempat agar mereka betah dan tidak sering meninggalkan tugas.

Perekrutan tenaga teknis pemadam kebakaran kecamatan hendaknya lebih memprioritaskan warga lokal ,? tegasnya.

Penyediaan alat pemadam kebakaran di Kecamatan Parenggean terkesan mubajir karena tenaga teknis yang mengoperasikan tidak ada.

Sutik mengaku khawatir peralatan tersebut akan rusak akibat tidak ada yang merawat dan tidak terpakai.