Puluhan Warga Kota Palangka Raya Diamankan Satpol PP Karena Ini!

id Razia KTP, Kabid Trantib Satpol PP Kota Palangka Raya Walter, Razia di Stadion Tuah Pahoe

Puluhan Warga Kota Palangka Raya Diamankan Satpol PP Karena Ini!

Kabid Trantib Satpol PP Palangka Raya Walter (kiri). (Foto Antara Kalteng)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Puluhan warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang tidak mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat melintas di Jalan Tjilik Riwut Km 5 tepatnya di depan Stadion Tuah Pahoe diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota setempat.

"25 warga yang terjaring razia KTP ini akan kita berikan sanksi berupa membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya dan segera membuat identitas dirinya," kata Kabid Trantib Satpol PP Kota Palangka Raya Walter, Kamis.

Dia menjelaskan, petugas tidak bisa memberikan sanksi atau denda tindak pidana ringan (Tipiring), hal itu lantaran petugas belum mengantongi surat Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur akan sanksi dan denda dari razia KTP tersebut.

"Sanksi tipiring bisa kita laksanakan apabila sudah ada Perwali sebagai tindak lanjut perda yang ada, kalau belum kami juga belum berani menerapkan," sebutnya Walter.

Walter pun menerangkan bahwa KTP merupakan surat penting yang harus dibawa oleh setiap warga. Mengingat di dalam KTP terdapat identitas diri dan domisili warga. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kepada yang bersangkutan, tentunya identitas yang bersangkutan sangat mudah diketahui.  

"Tingkat kelalaian warga saat ini masih tinggi, makanya ketika terjaring razia seperti ini alasan mereka bervariasi dari ketinggalan sampai belum dicetak oleh instansi terkait dan lain sebagainya," beber dia.

Walter menambahkan, razia KTP ini digalakkan Satpol PP tidak lain adalah guna mempersiapkan Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya razia seperti ini masyarakat diharap mentaati aturan yang sudah berlaku di daerah setempat.

"Kegiatan yang sudah terprogram seperti ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan ketentraman wilayah "Kota Cantik" Palangka Raya yang sama-sama kita cintai ini," tegas.

Pada Razia KTP tersebut melibatkan Satpol, TNI, Polri dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.