Kades Wajib Netral di Pilkada 2018

id kpu gumas, pilkada gumas, bupati gumas

Kades Wajib Netral di Pilkada 2018

Bupati Gumas Arton S Dohong berbincang dengan para camat usai memberikan materi pada pelaksanaan bimtek pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Gumas tahun 2017, di GPU Tampung Penyang, Kamis (23/11/17). (Foto Antara Kalteng/Jemmy K

Kuala Kurun (Antara Kalteng) -  Untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) tahun 2018 seluruh kepala desa (Kades) wajib bersikap netral, kata Bupati Gumas Arton S Dohong pada pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2017.

"Kades harus bersikap netral, berlaku adil, dan dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dan ikut memfasilitasi seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Gumas tahun 2018," tegas Arton, di GPU Tampung Penyang, Kamis (23/11/17).

Menurut dia, apapun permasalahan yang terjadi di desa, jangan sampai menganggu setiap tahapan pilkada. Untuk itu, antara Kades, Camat, Kapolsek, Danramil harus memiliki komitmen dan sikap yang sama untuk mensukseskan pesta demokrasi ini.

"Dengan komitmen tersebut akan menciptakan sebuah pilkada yang memiliki suasana baru, dengan harapan tetap pada kondisi kondusif, penuh dengan kekeluargaan, dan kebersamaan, sehingga seluruh rangkaian tahapan pilkada sampai dengan penetapan pemenang, selalu berjalan damai," tandasnya.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gumas Stevenson menuturkan, pelaksanaan bimtek ini untuk mensosialisasikan setiap tahapan, program dan jadwal pilkada, sehingga diharapkan stakeholder dalam hal ini kades, camat, dan aparat keamanan dapat mengetahuinya.

"Intinya kita berharap antara KPU sebagai penyelenggara, panwas, pihak keamanan dan aparat pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten, memiliki visi dan misi yang sama, sehingga pilkada berjalan dengan aman dan lancar," terangnya.

Khusus kepada kades, dia meminta agar setiap pemerintah desa dapat memfasilitasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Gumas dan jajarannya, dalam setiap tahapan pelaksanaan pilkada.

"Kades merupakan ujung tombak dalam suksesnya setiap tahapan pilkada. Untuk itu, kita minta kepada mereka agar selalu mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh KPU," ucapnya.